Kamis, 26 Mei 2011

liputan24.com

liputan24.com


"Black Box" Tidak Berwarna Hitam

Posted: 25 May 2011 11:49 PM PDT

Blog-QuDeWe-Apakah itu "Kotak Hitam" atau "Black Box"?.Kata-kata itu nampaknya yang akan sering kita dengar di berita-berita TV maupun media berita lainya ketika telah terjadi suatu kecelakaan pesawat terbang.
Banyak dari kita yang belum paham bahwa black box itu adalah "Kotak Hitam"(kotak yang berwarna hitam),namun sejatinya Black Box pada pesawat tidaklah berwarna hitam, tetapi Orange atau Merah ( warna dicat terang agar mendapatkan tingkat visibilitas tinggi atau isitilah indonesianya menarik perhatian). Kotak hitam pertama mulai muncul pada tahun 1950 dan mulai diwajibkan pada tahun 1960-an.

Kotak hitam atau black box adalah sekumpulan perangkat yang digunakan dalam bidang transportasi - umumnya merujuk kepada perekam data penerbangan (flight data recorder; FDR) dan perekam suara kokpit (cockpit voice recorder; CVR) dalam pesawat terbang.
Fungsi dari black box atau kotak hitam sendiri adalah untuk merekam pembicaraan antara pilot dengan ATC atau Air traffic control serta untuk mengetahui tekanan udara dan kondisi cuaca selama penerbangan. Walaupun dinamakan kotak hitam tetapi sesungguhnya kotak tersebut tidak berwarna hitam melainkan berwarna jingga/oranye. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pencarian jika pesawat itu mengalami kecelakaan.
Semua pesawat komersial berbadan besar dan pesawat komersial yang lebih kecil atau milik korporasi (perusahaan), serta pesawat pribadi diwajibkan oleh hukum untuk membawa satu atau kedua kotak-kotak ini, yang umumnya berharga antara $ 10.000 dan $ 15.000. Black Box itu sendiri tahan terhadap suhu yang tinggi sampai 1.100 C. Crash Survivable Memory Unit (CSMU) berisi papan memori dikelilingi oleh isolasi termal baju besi dan baja yang dapat menahan dampak kecelakaan ribuan kali gaya gravitasi dan bertahan di laut pada kedalaman 14.000 - 20.000 kaki (4,270 m-6.096 m).


Selain itu untuk memudahkan pencarian posisi (terutama pencarian di bawah air) atau black box pesawat, dilengkapi pula underwater locator beacon yang kerjanya adalah terus-menerus memancarkan perekam ultrasonik dan Sinyal dapat mencapai permukaan dari kedalaman 14.000 ft. Desain modern kotak hitam diatur oleh sebuah kelompok yang disebut International Civil Aviation Organization (ICAO).

FDR  juga mencatat data dari sejumlah sensor untuk memantau informasi seperti percepatan, kecepatan, ketinggian, posisi kontrol kokpit, termometer, pengukur mesin, aliran bahan bakar, permukaan atur posisi, status autopilot, beralih posisi, dan berbagai parameter lainnya. Kebanyakan parameter direkam beberapa kali per detik tetapi beberapa FDR dapat merekam semburan data pada frekuensi yang lebih tinggi saat masukan berubah dengan cepat. Black Box ini sendiri terletak dibagian rudder atau buntut pesawat dengan perkiraan bila terjadi sebuah kecelakaan maka bagian inilah yang relatif utuh dan tak hancur.




_Fiqhislam/teguhberjuang.blogspot.com/Wikipedia



This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Tikus Selalu digunakan untuk Riset Ilmiah

Posted: 25 May 2011 11:08 PM PDT

Blog-QuDeWe_Tahukah Anda mengapa tikus sering kali digunakan dalam berbagai percobaan medis?
Ternyata tikus memiliki peran sangat penting dalam percobaan medis. Mulai dari perumusan obat kanker baru hingga pengujian suplemen makanan, tikus berperan penting dalam keajaiban medis baru.

Bahkan, menurut Foundation for Biomedical Research (FBR), 95% hewan laboratorium adalah tikus. Ilmuwan dan peneliti bergantung pada tikus karena beberapa alasan. Salah satunya, pengerat ini kecil, mudah disimpan dan dipelihara serta bisa beradaptasi baik dengan lingkungan baru.
Hewan ini berkembang biak dengan cepat dan berumur pendek (2-3 tahun) sehingga beberapa generasi tikus dapat diamati dalam waktu singkat.

Selain itu, tikus relatif murah dan dapat dibeli dalam jumlah besar dari produsen komersial yang mengembang biakkan pengerat khusus untuk penelitian. Umumnya, tikus patuh dan hewan ini mudah ditangani peneliti, meski ada beberapa jenis sulit ditangani.
Sebagian besar tikus percobaan medis hampir identik secara genetis, kecuali jenis kelamin. Menurut National Human Genome Research Institute, hal ini membantu menyeragamkan hasil percobaan medis. Sebagai syarat minimum, tikus memiliki ras sama.

Alasan lain tikus digunakan sebagai model uji medis adalah genetik mereka, karakteristik biologi dan perilakunya sangat mirip manusia, dan banyak gejala kondisi manusia dapat direplikasi pada tikus.
"Tikus merupakan mamalia yang memiliki banyak proses seperti manusia dan bisa digunakan menjawab pertanyaan banyak penelitian," kata perwakilan National Institutes of Health (NIH) Office of Laboratory Welfare Jenny Haliski.
Selama dua dekade terakhir, kesamaan itu makin kuat. Kini, ilmuwan dapat mengembangkan 'tikus transgenik' yang membawa gen mirip penyebab penyakit manusia. Tikus juga membuat penelitian efisien karena anatomi, fisiologi dan genetikanya dipahami dengan baik oleh peneliti.
Beberapa tikus SCID (severe combined immune deficiency) secara alami terlahir tanpa sistem kekebalan tubuh dan dapat menjadi model penelitian jaringan normal dan ganas manusia. Berikut contoh gangguan manusia dimana tikus digunakan sebagai modelnya.
Hipertensi, diabetes, katarak, obesitas, kejang, masalah pernapasan, ketulian, parkinson, alzheimer, kanker, cystic fibrosis, HIV dan AIDS, penyakit jantung, muscular dystrophy, cedera kabel spinal.
Tikus juga digunakan untuk pengujian obat anti-kecanduan yang berpotensi mengakhiri kecanduan narkoba.
"Menggunakan hewan penting untuk pemahaman ilmiah sistem biomedis yang mengarah ke obat, terapi dan penyembuhan yang berguna," kata Haliski.

_Fiqhislam/inilah.com/tambahwawasan.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rahasia Dekapan Pria

Posted: 25 May 2011 10:12 PM PDT

Blog-QuDeWe ingin mengetahui lebih dalam lagi rahasia dekapan seorang pria? Simak sejumlah tips berikut ini!

1.Gosokan

Pasangan yang menggosok lembut punggung Anda ketika memberikan pelukan, menandakan dirinya sangat peduli. ''Punggung adalah bagian tubuh yang sangat rentan. Anda tidak dapat melihat punggung Anda. Jadi sentuhan di daerah itu bisa mengejutkan,'' ujar Wood.

Gosokan lembut di zona terbuka itu menunjukkan bahwa dia ingin merawat dan melindungi Anda. Tapi jangan heran jika belaian lembut itu segera berubah menjadi sensual. ''Sebab, gosokan memiliki irama seksual, jenis sentuhan yang dapat membangkitkan gairahnya,'' tegas Blazina.

Ada pula kemungkinan dirinya sedang sedih dan membutuhkan kenyamanan, meski pun dia sendiri enggan mengakuinya. ''Seorang lelaki bisa menggosok punggung Anda karena, tanpa sadar, itulah yang diinginkannya,'' kata Janine Driver, presiden Body Language Institute.

2.Tepukan

Tepukan di punggung atas Anda selama pelukan bisa berarti negatif. Skenario terburuknya, dia tidak benar-benar mencintai Anda. ''Ini adalah cara laki-laki memeluk teman laki-laki mereka. Ketika seorang lelaki sering memelukmu seperti ini, berarti hubungan tersebut tidak tumbuh,'' ujar Blazina.

Misalnya, jika seorang lelaki memberikan pelukan seperti ini saat Anda berdua sedang berada di luar, dia mungkin melakukannya untuk menunjukkan bahwa dirinya tidak sepenuhnya berkomitmen terhadap Anda dan masih membuka diri untuk peluang.

Jika dia melakukannya ketika Anda hanya berduaan, hal ini mungkin menandakan tidak adanya lagi percikan atau dia sedang marah kepada Anda.

3.Beradu pinggul

Jika pasangan melingkarkan tangannya di pinggul bawah Anda dan menarik Anda erat ke arahnya, itu berarti dia menginginkan Anda. ''Pelukan dari pinggul ke pinggul menunjukkan dirinya ingin menyatu dengan Anda secara seksual,'' tukas Wood. Semakin jauh tangannya berkelana, semakin bergairah dirinya.

4.Menyelinap


Jika pasangan menyelinap dari belakang dan menempatkan lengannya di sekeliling dada Anda, itu menandakan dirinya sedang jatuh cinta. Dia menyatukan diri dengan menyelimuti tubuh Anda dengan tubuhnya, menautkan kaki, dan membiarkan Anda bersandar di tubuhnya.

''Dengan menyelimuti punggung Anda, dia menyampaikan bahwa ia ingin menampung Anda. Dia juga memperlihatkan maskulinitasnya, yang menampilkan kekuatan dan dominasi,'' ujar pakar bahasa tubuh Patti Wood, penulis Success Signals, seperti dikutip situs cosmopolitan.com.

Tapi ada satu pengecualian jika seorang lelaki hampir selalu memeluk Anda dari belakang.

"Itu mungkin berarti dia sangat membutuhkan koneksi dekat, tapi merasa tidak demikian halnya dengan Anda. Dia menghindari pelukan berhadap-hadapan karena khawatir Anda tidak benar-benar mencintainya,'' kata Christopher Blazina, Ph.D, penulis The Secret Lives of Men._Inilah.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Perilaku Aneh Manusia

Posted: 25 May 2011 09:08 PM PDT

Blog-QuDeWe-dikutip dari INILAH.COM, Jakarta - Pernahkah Anda menyadari, jika memandang jari untuk waktu lama, akan berubah seperti jari alien? Hal yang biasa Anda lihat berubah menjadi hal yang terlihat sangat aneh.

Hal serupa juga berlaku untuk perilaku. Misalnya, saat ada hal lucu, manusia tertawa terbahak-bahak. Selaini tu sepertiga hari manusia dihabiskan dalam kondisi seperti mati atau dikenal dengan tidur. Renungkan perilaku-perilaku ini, Anda akan mendapatinya sangat aneh. Berikut 10 hal biasa yang aneh yang selalu dilakukan manusia beserta alasan manusia melakukannya.

1.Menangis

Kesedihan bisa membuat air mata jatuh. Di antara semua makhluk, hanya manusia yang bisa menangis karena emosi. Tak hanya berguna mengkomunikasikan perasaan, ilmuwan yakin ada hormon tak diinginkan dalam air mata dan protein lain yang dihasilkan selama massa stres. Hal semacam ini disebut efek 'tangis kebaikan'.

2.Cegukan

Cegukan merupakan kejang paksa diafragma (membran otot dada untuk bernapas). Kejang ini membuat otot iritasi akibat banyaknya atau sedikitnya makanan dalam perut. Anehnya, cegukan tak memiliki tujuan. Satu hipotesa menyatakan, cegukan merupakan sisa refleks menghisap primitive.

3.Tidur

Manusia menghabiskan sepertiga waktunya untuk tidur. Tak seorang pun bisa melewati hari tanpa tidur. Perilaku inilah satu-satunya yang bisa dipahami. Tidur memungkinkan 'pemeliharaan' dari produksi kimia selama bangun untuk perkembangan otak. Beberapa teori menunjukkan, tidur penting untuk ingatan dan pembelajaran. Tidur juga membantu memasukkan ingatan episodik ke dalam 'media penyimpanan' jangka panjang.

4.Kematian

Secara teknis, kematian bukan aktivitas sehari-hari. Namun, kematian terjadi pada banyak orang sekaligus tiap harinya. Mengapa? Manusia mati karena sel mati. Meski sel terus diperbarui selama 70 tahun, sel tak bisa memperbarui diri selamanya. Dalam sel terdapat telomeres untuk menyimpan informasi genetis. Namun, lama kelamaan, telomeres tak mampu menyimpan informasi dan sel tak bisa membagi diri lagi.

5.Melihat dalam 3D

Bagaimana mata manusia bisa menghasilkan visi 3D? Hal ini sebenarnya trik pikiran. Otak manusia memanfaatkan 'teropong disparitas' guna melihat gambar berbeda dari mata kiri dan kanan. Selain itu , menggunakan gambar itu, otak manusia merekonstruksi kedalaman.

Untuk obyek dekat, otak mendaftar 'konvergensi' mata manusia guna menentukan seberapa jauh jarak. Saat memandang sesuatu yang bergerak, secara tak sadar jarak itu menimbulkan 'parallax' yang pada kecepatan berbeda, obyek akan terlihat mendekat atau menjauh.

6.Tersipu

Tersipu membuat pipi memerah. Reaksi ini umum pada manusia saat mendapat perhatian sosial. Tersipu bisa dipicu bertemu orang penting, menerima pujian dan mengalami emosi kuat di situasi sosial. Biologi tersipu bekerja dengan meluaskan area pembuluh darah muka untuk menimbulkan efek memerah. Namun, hingga kini, ilmuwan tak memahami apa fungsi tersipu.

7.Ciuman

Insting biologis ini memang tampak aneh. Ciuman memungkinkan orang menggunakan bau dan rasa guna menilai pasangannya. Nafas dan air ludah seseorang menyimpan sinyal kimia penanda sehat atau sakit. Lebih lanjut, kulit di hidung dan mulut diselimuti minyak berisi feromon, kimia riasan biologis manusia.

Saat mendapat feromon selama ciuman, secara tak sadar, orang menjadi makin tertarik atau tidak tertarik untuk melakukan seks. Psikolog yakin, aksi fisik ciuman membantu pasangan 'saling berkenalan'.

8.Kentut

Tiap makan dan minum, gas masuk ke tubuh. Faktanya, suatu hal normal kentut 1,9 liter atau sekitar 15-20 'tut' tiap hari. Aroma khusus kentut berasal dari bakteri perut. Saat memroses makanan menjadi nutrisi di perut, mikroba menghasilkan produk bau hidrogen sulfida (gas serupa telur busuk). Seperti manusia, bakteri ini sangat menyukai makanan manis. Jenis gula alami pada susu dan buah menjadi penyumbang 'tut' terbanyak.

9.Tertawa

Saat ada hal lucu, dorongan tawa selalu muncul. Tawa memang aneh. Mengapa manusia tertawa? Psikolog yakin perilaku ini merupakan respon untuk memberi sinyal pada orang lain melalui penyebaran emosi positif, mengurangi stres dan kontribusi kohesi. Hal serupa juga terjadi pada primata, simpanse dan orang utan juga tertawa saat bermain.



10.Berkedip

Berkedip bukanlah hal aneh. Aktivitas sepersepuluh detik ini untuk menghilangkan partikel debu dan menyebarkan cairan pelumas ke bola mata. Hal anehnya adalah, manusia selalu tak bisa 'melihat' kegelapan dalam aktivtas 2-10 detik itu. Ilmuwan menemukan, otak manusia memiliki bakat mengabaikan gelap sementara. Berkedip menekan aktivitas beberapa area otak yang bertanggungjawab mendeteksi perubahan lingkungan. Alhasil, manusia bisa merasakan dunia secara kesinambungan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

TOP 10 Senapan Tempur

Posted: 25 May 2011 08:41 PM PDT

Berikut ini adalah sepuluh senapan tempur teratas sepanjang masa.

10. M14
  • Type: Semi or Fully Automatic Rifle
  • Country of Origin: United States
  • Caliber: 7.62 x 51 mm (.30 inch)
  • Muzzle Velocity: Approximately 2,799 feet per second
  • Rate of Fire: 700-750 rounds per minute 

M14


9. STURMGEWEHR 44
  • Type: Semi or Fully Automatic Assault Rifle
  • Country of Origin: Germany
  • Caliber: 7.92 x 33 mm
  • Cartridge Capacity: 30 rounds
  • Muzzle Velocity: Approximately 2,133 feet per second
  • Rate of Fire: 500 rounds per minute
STURMGEWEHR 44


8. 1903 SPRINGFIELD
  • Type: Bolt-Action Rifle
  • Country of Origin: United States
  • Caliber: 7.62 x 63 mm (.30-06 inch)
  • Cartridge Capacity: 5 rounds
  • Muzzle Velocity: Approximately 2,700 feet per second
  • Rate of Fire: 10 rounds per minute 
 1903 SPRINGFIELD


 7. STEYR AUG
  • Type: Semi or Fully Automatic Bull-Pup Assault Rifle
  • Country of Origin: Austria
  • Caliber: 5.56 x 45 mm (.22 inch)
  • Cartridge Capacity: 30 and 42 rounds
  • Muzzle Velocity: Approximately 3,084 feet per second
  • Rate of Fire: 650 rounds per minute
STEYR AUG


6. MAUSER K98k CARBINE
  • Type: Bolt-Action Rifle
  • Country of Origin: Germany
  • Caliber: 7.92 x 57 mm (.30 inch)
  • Cartridge Capacity: 5 rounds
  • Muzzle Velocity: approximately 2,822 feet per second
  • Rate of Fire: 10-15 rounds per minute 
MAUSER K98k CARBINE



5. FN FAL
  • Type: Semi or Fully Automatic Rifle
  • Country of Origin: Belgium
  • Caliber: 7.62 x 51 mm (.30 inch)
  • Cartridge Capacity: 20 rounds
  • Muzzle Velocity: Approximately 2,700 feet per second
  • Rate of Fire: 650-700 rounds per minute 
FN FAL


4. M1 GARAND
  • Type: Semiautomatic
  • Rifle Country of Origin: United States
  • Caliber: 7.62 x 63 mm (.30-06 inch)
  • Cartridge Capacity: 8 rounds
  • Muzzle Velocity: Approximately 2,838 feet per second
  • Rate of Fire: 30 rounds per minute
M1 GARAND


3.LEE-ENFIELD SMLE
  • Type: Bolt-Action Rifle
  • Country of Origin: United Kingdom
  • Caliber: 7.7 x 56 mm (.30 inch)
  • Cartridge Capacity: 10 rounds
  • Muzzle Velocity: approximately 2,438 feet per second
  • Rate of Fire: 15-20 rounds per minute

LEE-ENFIELD SMLE


2. M16
  • Type: Semi or Fully Automatic Assault Rifle
  • Country of Origin: United States
  • Caliber: 5.56 x 45 mm (.223 inch)
  • Cartridge Capacity: 20-30 rounds
  • Muzzle Velocity: Approximately 3,281 feet per second
  • Rate of Fire: 700-950 rounds per minute
M16

1. AK-47
  • Type: Semi or Fully Automatic Assault Rifle
  • Country of Origin: Soviet Union
  • Caliber: 7.62 x 39 mm (.30 inch)
  • Cartridge Capacity: 30 rounds
  • Muzzle Velocity: 2,329 feet per second
  • Rate of Fire: 600 rounds per minute 
AK-47



_Blog-QuDeWe/military.discovery.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada 6 Makanan Penting Agar Warna Kulit Lebih Cerah

Posted: 25 May 2011 08:22 PM PDT

Percuma saja menghabiskan ratusan ribu rupiah untuk produk pencerah kulit jika tidak melakukan perawatan dari dalam. Dengan nutrisi yang baik, kulit jadi sehat dan otomatis terlihat lebih cerah.

Makanan apa saja yang wajib dikonsumsi supaya kulit tak lagi gelap dan kusam?


1. Jeruk
Semua jenis buah jeruk, termasuk jeruk bali, merupakan sumber vitamin C yang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Vitamin C meningkatkan produksi kolagen dan elastin dalam tubuh kita, yang berfungsi untuk mengurangi kerutan dan menghambat penuaan kulit. Ia juga dipercaya dapat memperlambat produksi melanin, pigmen yang membuat kulit terlihat lebih gelap. Usahakan mengkonsumsi jeruk segar satu kali dalam sehari. Selain jeruk, tomat juga merupakan buah yang kaya vitamin C.

2. Sayuran berwarna merah dan hijau

Bayam, wortel, brokoli, dan kawan-kawannya mengandung banyak beta-carotene yang berfungsi sebagai antioksidan untuk kulit. Selain mencegah kerusakan sel, beta-carotene juga akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang berguna untuk memerangi jerawat, memproduksi sel kulit baru, dan memb
uat warna kulit terlihat cerah dan muda. Akan lebih baik jika vitamin A kita dapatkan langsung dari makanan dan bukan dari suplemen vitamin, karena kelebihan vitamin A justru dapat mengganggu kesehatan kita.

3. Ikan
Makhluk air ini kaya akan asam lemak Omega-3 yang merupakan resep utama untuk kulit yang cerah cemerlang. Selain itu, mengkonsumi sarden, tuna, atau salmon yang kaya protein dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan polusi. Protein yang terkandung di dalamnya membantu reproduksi sel dan membuat kulit terlihat bercahaya.

4. Alpukat

Alpukat adalah sumber vitamin E. Ia berguna untuk menghambat penuaan dan membersihkan kulit dari segala noda seperti bekas jerawat, flek hitam, dan masalah lain. Mengonsumsi alpukat secara teratur juga akan mencegah kulit menjadi kendur seiring bertambahnya usia.

5. Gandum

Bisa didapat dalam bentuk sereal maupun roti, gandum mengandung biotin yang berfungsi membantu sel tubuh memproses lemak. Kekurangan biotin dapat menyebabkan kulit kering dan terlihat kusam.

6. Minyak zaitun
Makanan paling sehat untuk kulit? Salad buah dan sayuran yang diperciki minyak zaitun sebagai penyedap. Minyak ini mengandung asam lemak yang esensial untuk membuat kulit terlihat cerah, bercahaya, dan sehat.


Sumber : Yahoo Artikel

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar:

Posting Komentar