Kamis, 08 Maret 2012

chantika.com

chantika.com


Sarah Sechan di “Anak Emas Juragan Batik”

Posted: 07 Mar 2012 08:01 AM PST

Sarah Sechan (ANTARA/Teresia May)

javascript:void(0);

Jakarta (ANTARA News) – Eksotika Karmawibhangga Indonesia (EKI) Dance Company mempersembahkan pementasan kabaret bertajuk Kabaret Oriental – Anak Emas Juragan Batik yang didukung artis Sarah Sechan, Uli Herdinansyah, Cynthia Lamusu, Bayu Oktara, dan Ary Kirana.

“Konsep pementasan ini sangat menarik karena ada perpaduan berbagai budaya, terlihat dengan nuansa oriental yang dipadukan dengan batik,” kata Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, Renitasari, yang mendukung pementasan ini lewat Djarum Apresiasi Budaya.

Batik yang dipakai adalah batik Kudus yang dinilai Renitasari nyaris dilupakan orang sebagai salah satu warisan budaya batik pesisir Indonesia.

Kabaret Oriental yang akan dipentaskan pada 20-24 Maret 2012 di Gedung Kesenian Jakarta ini mengangkat kisah perebutan cinta, harta, dan tahta dalam sebuah keluarga peranakan yang mengelola bisnis batik.

Kabaret ini disutradarai Rusdi Rukmarata dan Nanang Hape dengan melibatkan lebih dari 300 pemain, penari, koreografer, penata artistik hingga para kru panggung, sedangkan durasinya 90 menit.

Pementasan ini dikemas menggunakan seni desain visual dance motion graphic menggunakan teknologi multimedia terkini.

Rusdi menuturkan ide berawal saat pementasan Imlek beberapa waktu lalu di mana banyak permintaan pementasan yang lebih besar.

Hambatannya adalah banyak pemain bukan keturunan Cina sehingga harus belajar bahasa dan budayanya dari awal, seperti Cynthia Lamusu yang pada pementasan akan bernyanyi lagu oriental.

“Persiapan sekarang lagi giat-giatnya, penyanyi, penari, set, pokoknya ramai,” ujar Rusdi seraya menambakan kabaret oriental ini menggunakan unsur tarian, nyanyian, kungfu, dan berbagai macam ornamen khas oriental.

Kabaret ini merupakan pertunjukan ke-12 dari EKI Dance Cimpany yang sudah berdiri sejak 16 tahun dan konsisten menggelar seni pertunjukan berkualitas internasional dengan sentuhan keindonesiaan.

Pada jumpa pers di Dapur Babah, Jakarta Pusat itu yang dihadiri semua pemain pendukung kecuali Sarah Sechan, Cynthia Lamusu yang mengenakan baju oriental kuning biru menunjukkan kemampuannya menyanyikan lagu oriental.

(M047) Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Iran tekankan penggunaan diplomasi budaya dengan RI Menteri Kebudayaan dan Bimbingan Islam Iran Sayed Mohammad Hosaini mengatakan, Iran akan menggunakan diplomasi budaya …Minat warga malaysia berlibur ke Bali meningkatMinat warga negara Malaysia yang berlibur di Bali meningkat, sebagaimana data kunjungan wisatawan asal negeri Jiran …Angelina Jolie, Meryl Streep peringati Hari Perempuan Sedunia Angelina Jolie dan Meryl Streep turut berpartisipasi dalam Pertemuan Puncak Perempuan Sedunia (World Women Summit), …

View the original article here

Iran tekankan penggunaan diplomasi budaya dengan RI

Posted: 07 Mar 2012 07:55 AM PST

Ilustrasi (ANTARA News/Lukisatrio)

Budaya merupakan hal yang penting, banyak persamaan yang dimiliki antara Iran dengan negara-negara lainnya khususnya dalam budaya Islam,

Jakarta (ANTARA News) – Menteri Kebudayaan dan Bimbingan Islam Iran Sayed Mohammad Hosaini mengatakan, Iran akan menggunakan diplomasi budaya untuk mempererat hubungan dengan negara-negara yang mempunyai penduduk mayoritas Muslim, khususnya Indonesia.

“Budaya merupakan hal yang penting, banyak persamaan yang dimiliki antara Iran dengan negara-negara lainnya khususnya dalam budaya Islam,” kata Hosaini usai membuka pekan budaya Iran di Museum Nasional, Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan saat ini diplomasi yang digunakan oleh Iran lebih condong pada diplomasi politik dan ekonomi. Dengan budaya, lanjut dia, bisa menyatukan perbedaan-perbedaan yang ada di antara kedua negara.

“Dengan Indonesia sendiri, hubungan budaya kedua negara sudah berlangsung sejak ribuan tahun yang lalu. Hal ini ditunjukkan dengan fakta-fakta sejarah yang ada,” ujarnya.

Dengan terselenggaranya pekan budaya itu, lanjut dia, bisa semakin meningkatkan hubungan antara kedua negara. Hosaini juga mengharapkan, kedepannya akan semakin banyak seniman ataupun masyarakat Indonesia yang berkunjung ke Iran untuk mempelajari budaya.

“Begitu juga dengan masyarakat Iran, kami harapkan mereka juga belajar mengenai Indonesia,” kata dia.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia dan Kementerian Kebudayaan dan Bimbingan Islam Iran juga menandatangani nota kesepahaman kerja sama budaya.

Pekan budaya Iran berlangsung 7-13 Maret. Selain mengenalkan budaya juga diadakan kursus singkat film dan pemutaran film Iran di Gedung Usmar Ismail.

Hubungan antara Indonesia dan Iran berlangsung sejak ribuan tahun lalu. Terbukti dari batu nisan kuno berbahasa Persia yang ditemukan di Tanah Air.

Dalam kesusasteraan pun terutama sastra Melayu terdapat pengaruh dari Iran di mana terdapat sekitar 400 kosa kata Persia yang masuk ke dalam Bahasa Indonesia, dan sebagian masih digunakan sampai sekarang.
(T.I025/N002)  Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Angelina Jolie, Meryl Streep peringati Hari Perempuan Sedunia Angelina Jolie dan Meryl Streep turut berpartisipasi dalam Pertemuan Puncak Perempuan Sedunia (World Women Summit), …Atiqah Hasiholan daur ulang sampah plastik Bintang film Atiqah Hasiholan menggunakan botol plastik bekas air mineral sebagai pot penghias dinding rumahnya …Iran tekankan penggunaan diplomasi budaya dengan RI Menteri Kebudayaan dan Bimbingan Islam Iran Sayed Mohammad Hosaini mengatakan, Iran akan menggunakan diplomasi budaya …

View the original article here

“Acapella plus” Duwende segarkan malam

Posted: 07 Mar 2012 07:45 AM PST

Java Jazz Festival. (FOTO ANTARA)Jakarta (ANTARA News) – Generasi mana saja agaknya kenal Michael Jackson. Raja pop itu memang telah tiada secara tiba-tiba, tapi warisannya, lagu-lagu yang top sepanjang masa terus segar dan jadi inspirasi; pun bagi Duwende.Grup musik acapella (vokal tanpa iringan instrumen) mereka unik. Perlu energi dan harmoni serta kekayaan tabungan koleksi bunyi suara bagi Edward Chung dan kawan-kawan untuk bisa menyampaikan lagu-lagu mereka.”Do you remember the time…” dilatari bunyi alat musik buatan mulut manusia dari tujuh personel mereka, bukan hall mudah untuk diikuti. Tampil sederhana tanpa busana yang “aneh-aneh”, oleh-oleh Duwende dari panggung terbuka Java Jazz 2012 di Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu malam, tidak lain-tidak bukan adalah sensasi tersendiri.Dikatakan “acapella plus”, karena produksi dan teknik menyanyi yang masih jarang dijumpai. Menjadi lebih sulit, karena dilakukan sering dalam tempo cepat dan ritmik yang rapat sejiwa dengan genre rappin’ Amerika Serikat. Ya, mereka masih juga ditemani rintik hujan dalam panggung yang disediakan panitia selama dua jam; itupun dijawab penonton tidak peduli akan kehadiran hujan. “We don’t care about the rain…!,” begitulah teriakan penonton.Derrick L Hicks, tenor dari penyanyi Afrika-Amerika ini sangat mumpuni mengisi nada-nada di frekuensi ucapan manusia yang berkolaborasi rapi dengan J Aaron Bokin, bariton utama. Black or White menjadi contoh yang bagus sekali, sambil sesekali melagakan teriakan khas Michael Jackson,”….Aauuww!” Penonton pun bertepuk tangan, mengikuti lagu yang memang ngetop sekali itu. Dua jempol banyak ditunjukkan bagi mereka yang sering mengelap wajah karena berkeringat selama di panggung. Bukan cuma bernyanyi, tapi gaya atraktif jadi satu nilai penting dalam penampilan mereka.Edward Chung sender adalah beatboxing. Jika di dalam orkestrasi, posisinya mirip dengan bass yang menjadi ritme dasar lagu dan dialah yang bertanggung jawab menciptakan bass kreasi manusia sambil mereproduksi suara gemerincing treble dari simbals –sebagai misal– perangkat drum!Rekannya dalam hal latar utama satu komposisi lagu adalah Ari Picker, bass utama, yang saban lagu dinyanyikan tidak bisa membuat tangannya diam. Seolah-olah dia mencabik dawai bass, dan frekuensi suara bass yang keluar dari mulutnya sangat mantap. Bahkan, bisa membuat dada penonton seperti digebuk layaknya bass betulan dari pengeras suara.Neal Mortimer ada pada seksi bariton yang menunjang kedua tenor itu sambil juga mengimbangi bunyi-bunyi bass dari Picker dan Chung. Tidak kalah penting adalah Abbey Janes, satu-satunya perempuan dalam kelompoknya itu. Dia indah menyanyikan Mama’s house, komposisi lagu karya pribadi mereka.Agaknya, mereka memilih banyak menyanyikan lagu Michael Jackson, semata karena karya dialah yang dianggap paling pas untuk digubah menjadi acapella plus ini. Seru, meriah, dan berkesan… itu yang diperoleh ratusan penonton di panggung terbuka itu. (*)Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Minat warga malaysia berlibur ke Bali meningkatMinat warga negara Malaysia yang berlibur di Bali meningkat, sebagaimana data kunjungan wisatawan asal negeri Jiran …Atiqah Hasiholan daur ulang sampah plastik Bintang film Atiqah Hasiholan menggunakan botol plastik bekas air mineral sebagai pot penghias dinding rumahnya …KLa Project ajak penggemarnya bernostalgia Grup musik asal ibu kota KLa Project mengajak ratusan penggemarnya di Bali bernostalgia bersama di Krisna Auto Gallery …

View the original article here

Ditemukan lagi artefak megalitik di Pagaralam

Posted: 07 Mar 2012 07:35 AM PST

Pagaralam (ANTARA News) – Sejumlah tiga peninggalan purbakala (artefak) diduga berasal dari Zaman Megalitik, ditemukan oleh warga Kota Pagaralam, Sumatera Selatan, Minggu.

Informasi dari warga setempat di Pagaralam, Minggu, menyebutkan bahwa di kota tersebut dan sekitarnya dikenal sebagai wilayah Besemah yang menyimpan banyak peninggalan purbakala.

Hal tersebut, menjadi perhatian peneliti arkeologi dan sejarah untuk menelusurinya, mengingat hingga kini masih terus ada laporan temuan baru peninggalan sejarah tak ternilai harganya tersebut.

Umumnya peninggalan tersebut masih perlu diteliti dan dirawat dengan baik agar tidak dirusak, maupun dicuri akibat ketidaktahuan warga maupun ketidakpedulian pemda setempat.

(T.B014/M033) Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Minat warga malaysia berlibur ke Bali meningkatMinat warga negara Malaysia yang berlibur di Bali meningkat, sebagaimana data kunjungan wisatawan asal negeri Jiran …Iran tekankan penggunaan diplomasi budaya dengan RI Menteri Kebudayaan dan Bimbingan Islam Iran Sayed Mohammad Hosaini mengatakan, Iran akan menggunakan diplomasi budaya …KLa Project ajak penggemarnya bernostalgia Grup musik asal ibu kota KLa Project mengajak ratusan penggemarnya di Bali bernostalgia bersama di Krisna Auto Gallery …

View the original article here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar