Rabu, 07 Maret 2012

chantika.com

chantika.com


Angelina Jolie, Meryl Streep peringati Hari Perempuan Sedunia

Posted: 07 Mar 2012 07:27 AM PST

Aktris Angelina Jolie. (FOTO.ANTARA/ REUTERS/Eric Gaillard )Jakarta (ANTARA News) – Angelina Jolie dan Meryl Streep turut berpartisipasi dalam Pertemuan Puncak Perempuan Sedunia (World Women Summit), Kamis (8/3) di New York.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Hillary Rodham Clinton dan pemenang Nobel Perdamaian Leymah Gbowee  juga akan bergabung dengan Jolie dan Streep sebagai akan host dalam pertemuan tersebut. Demikian dilaporkan laman ibtimes.com yang dipantau ANTARA News, Rabu.

World Women Summit 2012 merupakan penyelenggaraan yang telah masuk di tahun ketiga. Dalam kegiatan ini para pemimpin perempuan, advokat, dan para aktivis dari seluruh dunia akan berkumpul di New York untuk menyampaikan kisah-kisah mereka tentang perempuan yang sedang berjuang melawan status quo, menentang perang, kekerasan, perbudakan dan eksploitasi.

Angelina Jolie sebagai penulis, sutradara, pemenang Academy Award dan Goodwill Ambassador di PBB akan didaulat untuk memberikan kesaksian atau testimoni.

Sementara Meryl Streep pemenang Oscar sebanyak tiga kali ini disebutkan akan memberikan sebuah penghormatan dan penghargaan sebelum Hillary Clinton memberikan pidato penutupan.
(R022) Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

KLa Project ajak penggemarnya bernostalgia Grup musik asal ibu kota KLa Project mengajak ratusan penggemarnya di Bali bernostalgia bersama di Krisna Auto Gallery …Atiqah Hasiholan daur ulang sampah plastik Bintang film Atiqah Hasiholan menggunakan botol plastik bekas air mineral sebagai pot penghias dinding rumahnya …Minat warga malaysia berlibur ke Bali meningkatMinat warga negara Malaysia yang berlibur di Bali meningkat, sebagaimana data kunjungan wisatawan asal negeri Jiran …

View the original article here

Sampai berlarian ke panggung Stevie Wonder

Posted: 07 Mar 2012 07:18 AM PST

Musisi Jazz Stevie Wonder membawakan lagu-lagu hitsnya di Jakarta International Java Jazz Festival, JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (4/3) malam. (FOTO ANTARA/Yudhi Mahatma)Jakarta (ANTARA News) – Ribuan orang mengular dalam antrian menuju panggung utama Java Jazz 2012, di Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu malam. Malam terakhir Java Jazz 2012 memberi panggung utama bagi Stevie Wonder pada sesi terakhir. Tiket yang dijual bisa dibilang tidak murah harganya, namun diakui salah satu penjaga tiket habis terjual. Banyak di antara pembeli tiket yang memesan untuk dua atau tiga teman lain.Barisan penikmat musik Stevie “I Just Called To Say I Love You” Wonder itu dimulai sejak dari samping panggung terbuka di ujung arena Pekan Raya Jakarta yang untuk sementara waktu dijadikan arena Java Jazz 2012.Begitu pintu menuju aula utama itu dibuka, puluhan orang berlarian. Penyebabnya, mereka ingin berada sedekat mungkin dengan panggung agar bisa lebih utuh menikmati pentas penyanyi pop Afrika-Amerika yang pernah tampil dalam rambut bergaya rasta itu.Walau tiket habis dan dikatakan ruangan penuh, namun penikmat konser Stevie Wonder itu tetap bisa masuk secara tertib. (*)Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Minat warga malaysia berlibur ke Bali meningkatMinat warga negara Malaysia yang berlibur di Bali meningkat, sebagaimana data kunjungan wisatawan asal negeri Jiran …Iran tekankan penggunaan diplomasi budaya dengan RI Menteri Kebudayaan dan Bimbingan Islam Iran Sayed Mohammad Hosaini mengatakan, Iran akan menggunakan diplomasi budaya …Angelina Jolie, Meryl Streep peringati Hari Perempuan Sedunia Angelina Jolie dan Meryl Streep turut berpartisipasi dalam Pertemuan Puncak Perempuan Sedunia (World Women Summit), …

View the original article here

Rhoma irama terpilih lagi ketua Pammi

Posted: 07 Mar 2012 07:09 AM PST

Penyanyi dangdut Rhoma Irama (ANTARA/Zarqoni)Surabaya (ANTARA News) – Sang “Raja Dangdut” Rhoma Irama akhirnya terpilih lagi secara aklamasi menjadi Ketua Umum Persatuan Artis Musik Melayu-Dangdut Indonesia (PAMMI) periode 2012-2017 dalam Musyawarah Nasional (Munas) ke-3 PAMMI di Surabaya, Minggu.

Dari 20 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAMMI se-Indonesia yang mengikuti munas pada 3-4 Maret 2012 itu, mayoritas peserta masih menghendaki pimpinan Soneta Grup itu menjadi Ketua Umum kembali selama lima tahun ke depan.

Sebelumnya, di sesi penjaringan, terseleksi empat kandidat yang menjadi bakal calon Ketua Umum, namun Khalid Karim (Ketua DPD PAMMI DKI Jakarta) mengundurkan diri.

Sementara itu, Ikke Nurjanah akhirnya lolos menjadi calon Ketua Umum setelah mendapatkan minimal 10 persen dari 20 pengurus DPD PAMMI yang hadir. Dengan komposisi, masing-masing DPD mendapat jatah tiga suara untuk Ketua, Sekretaris dan Bendahara.

Namun, pelantun tembang hits Terlena ini kalah telak ketika mayoritas pengurus DPD PAMMI masih menghendaki figur Rhoma Irama untuk menjadi Ketua Umum PAMMI kali ketiga.

Dalam pidato kemenangannya, Bang Haji (panggilan akrab Rhoma Irama) tetap berkomitmen untuk membersihkan musik dangdut dari tampilan pola berbusana yang menimbulkan kesan seronok dan jorok serta goyangan yang erotis.

“Dangdut tanpa goyang itu bukan dangdut, tapi dilihat dulu model goyangannya,” kata musisi kelahiran Tasikmalaya, 11 Desember 1946 ini.

Menurut dia, model goyangan itu ada dua macam yakni mengandung estetis koreografis dan erotis sensual. Sebagai contoh, penyanyi dangdut yang memiliki goyangan mengandung estetis koreografis yakni Elvie Sukaesih, Camelia Malik, Ayu Soraya dan Ikke Nurjanah.

“Mereka adalah penyanyi-penyanyi dangdut yang sudah berpuluh-puluh tahun berkiprah, namun tanpa menimbulkan kontroversi perihal busana maupun goyangannya,” ujar pemilik tembang hits Bujangan ini.

Pemilik asli nama Raden Oma Irama ini juga memiliki program yakni membersihkan musik dangdut dari nuansa musik koplo. “Secara pakem, musik koplo menyimpang dari musik dangdut itu sendiri,” tegas ayah kandung Ridho Rhoma ini.

Bahkan, musisi dangdut yang sudah membintangi puluhan film layar lebar ini justru menyarankan untuk musik koplo dapat berdiri sendiri diluar musik dangdut. “Karena saya khawatir, musik koplo dapat mengubah musik dangdut yang sebenarnya. Untuk itu, biarlah musik koplo menjadi genre musik baru diluar musik dangdut,” kata Rhoma.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf yang hadir dan berkenan menutup acara Munas ke-3 PAMMI itu menyatakan dukungan serta mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terpilihnya Rhoma Irama lagi sebagai Ketua Umum PAMMI untuk periode ketiga.

“Memang, sosok Bang Rhoma ini masih belum tergantikan sebagai Ketua Umum untuk sebuah organisasi bernama PAMMI. Dia juga layak menjadi legenda dan tetap layak menyandang predikat Raja Dangdut,” ungkap Saifullah Yusuf yang akrab dipanggil Gus Ipul ini.
(T.A052/E011) Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Atiqah Hasiholan daur ulang sampah plastik Bintang film Atiqah Hasiholan menggunakan botol plastik bekas air mineral sebagai pot penghias dinding rumahnya …Minat warga malaysia berlibur ke Bali meningkatMinat warga negara Malaysia yang berlibur di Bali meningkat, sebagaimana data kunjungan wisatawan asal negeri Jiran …KLa Project ajak penggemarnya bernostalgia Grup musik asal ibu kota KLa Project mengajak ratusan penggemarnya di Bali bernostalgia bersama di Krisna Auto Gallery …

View the original article here

Pertunjukan “Disney on Ice” digelar di Jakarta

Posted: 07 Mar 2012 07:03 AM PST

Dua orang berpakaian ala Mickey Mouse berdiri di sebelah pohon Natal yang terbuat dari lampu sambil menunggu giliran untuk tampil untuk anak-anak di landmark Madrid, lapangan Puerta del Sol, Minggu (18/12). (FOTO REUTERS/Susana Vera)Jakarta (ANTARA News) – Pertunjukan musikal keluarga bertajuk Disney On Ice: Let`s Celebrate akan berlangsung di Indonesia.

Acara yang digelar pada 13 hingga 22 April 2012 di Istora Senayan, Jakarta ini merupakan persembahan dari PT Bank Permata, bekerjasama dengan perusahaan hiburan Big Daddy Production dan Feld Management.

“Ini adalah sebuah acara keluarga, khususnya anak-anak, yang tepat dengan visi kami sebagai `Bank untuk Anda dan Keluarga`,” kata Direktur Retail Banking Bank Permata Lauren Sulistiawati dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa.

Acara Disney On Ice: Let`s Celebrate merupakan pertunjukan drama musikal yang menampilkan lebih dari 50 karakter yang diambil dari 16 cerita Disney, diantaranya Mickey Mouse, Donald Duck dan Goofy.
(R027)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Iran tekankan penggunaan diplomasi budaya dengan RI Menteri Kebudayaan dan Bimbingan Islam Iran Sayed Mohammad Hosaini mengatakan, Iran akan menggunakan diplomasi budaya …Minat warga malaysia berlibur ke Bali meningkatMinat warga negara Malaysia yang berlibur di Bali meningkat, sebagaimana data kunjungan wisatawan asal negeri Jiran …Angelina Jolie, Meryl Streep peringati Hari Perempuan Sedunia Angelina Jolie dan Meryl Streep turut berpartisipasi dalam Pertemuan Puncak Perempuan Sedunia (World Women Summit), …

View the original article here

Bobbi Kristina ulang tahun pertama tanpa ibunda

Posted: 07 Mar 2012 06:57 AM PST

Whitney Houston tahun 2009 (fr.fotopedia.com)Jakarta (ANTARA News) – Ulang tahun selebriti biasanya identik dengan kemeriahan sebuah pesta. Namun nyatanya tidak demikian yang terjadi pada anak semata wayang mendiang Whitney Houston, Bobbi Kristina Brown.

Krissy, demikian dia biasa dipanggil, pada Minggu (4/3) genap berusia 19 tahun atau tepat dua minggu setelah kematian yang mengejutkan ibunya dalam usia 48 tahun.

Sebuah sumber mengatakan di masa lalu ketika Whitney masih hidup, Krissy merayakan hari ulang tahunnya bersama sang ibu. Kadang pergi ke spa atau menonton film. Karenanya ulang tahun ini adalah hari yang sulit bagi Krissy.

Laman Hollywood Life memberitakan sebuah sumber terdekat Krissi mengatakan “Krissy tidak ingin merayakan ulang tahunnya karena dia merasa tidak ada yang perlu dirayakan.”

“Bobbi Kristina menyampaikan pada teman-temannya dia tidak ingin terbang ke LA atau New Jersey untuk berkumpul bersama keluarga pada hari jadinya, dia ingin sendiri bersama kakaknya Nick Gordon,” ujar sumber tesebut.

TMZ.com memberitakan, Nick Gordon adalah pria berusia 22 tahun yang diambil dan dirawat Houston seperti anaknya sendiri sekitar 10 tahun lalu ketika ibu Nick tidak merawatnya lagi.

Tetapi Ibunda Whitney Houston, Cissy, tidak terlalu suka Bobby menghabiskan waktu bersama Gordon. Menurut TMZ, Cissy merasa Gordon memberi pengaruh buruk pada Bobby.
(ANT)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Iran tekankan penggunaan diplomasi budaya dengan RI Menteri Kebudayaan dan Bimbingan Islam Iran Sayed Mohammad Hosaini mengatakan, Iran akan menggunakan diplomasi budaya …Atiqah Hasiholan daur ulang sampah plastik Bintang film Atiqah Hasiholan menggunakan botol plastik bekas air mineral sebagai pot penghias dinding rumahnya …Minat warga malaysia berlibur ke Bali meningkatMinat warga negara Malaysia yang berlibur di Bali meningkat, sebagaimana data kunjungan wisatawan asal negeri Jiran …

View the original article here

Phil Perry: “I miss you…”

Posted: 07 Mar 2012 06:49 AM PST

Java Jazz Festival (FOTO ANTARA)

… I miss you.. I say this to my tender friends in Indonesia…

Jakarta (ANTARA News) – Tempatnya di Panggung C2 Hall, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu malam, dalam Java Jazz 2012. Ruangan gelap dengan tata lampu sederhana namun fungsional memanjakan mata sedemikian juga telinga oleh tata suara yang mantap. Pas antara reproduksi vokal dan instrumen panggung bagi Phil Perry yang tampil mengenakan jas hitam.Yang mengejutkan bagi yang terlambat hadir adalah ruangan yang sangat penuh sesak. Hampir tidak bisa masuk ke dalam ruangan, walau di pintu masuk ada tempelan kertas menyatakan kapasitas tempat duduk adalah 1.820 kursi; faktanya, ribuan yang lain rela duduk sekenanya di karpet lantai dan setia hingga akhir 120 menit panggung berakhir.Phil Perry featuring Brian Simpson (pada keyboards) mampu membuat mereka larut secara emosi dan psikologi musik yang sangat sarat pesan. “Apakah kalian merasa berbeda saat mau masuk dan sekarang…?,” kata Perry dari panggung. Saat penikmat menyatakan hal itu berbeda dan jauh lebih nyaman kini, Perry lega.”Ya, inilah yang mau aku katakan: rasakan perbedaan itu, bagikan kepada semua orang yang kalian cintai….” Perry yang bertubuh tinggi-besar itu mondar-mandir menghampiri penikmat, yang jaraknya cuma sekitar setengah meter dari kakinya. Ruangan, sekali lagi, sangat penuh walaupun pada saat sama, di panggung utama konder Stevie Wonder dilangsungkan.Perry adalah salah satu penyanyi jazz (paling tidak juga beberapa genre lain) yang jarang di dunia ini. Dia dikatakan banyak pengulas musik dunia sebagai interpreter musik yang tidak pernah kehilangan intensitas dan kekuatan energi untuk berada di panggung. Dia juga bukan asing bagi penikmat musik Indonesia.Lala, lagu yang ditujukan kepada perempuan, jadi satu dari sekian banyak momen interaksi antara kekuatan cinta dalam lagu dengan rasa yang ada di dalam penikmat musiknya. Perry yang telah beroleh banyak penghargaan mempersembahkan lagu itu, untuk penikmat yang mau membagi perasaan itu kepada siapa saja orang yang dia sayangi. ”La…la…la…la…la…. I love you….” bergantian terdengar, antara dia dan perempuan penikmat musik yang hadir. Sangat melegakan hati dan semakin lengkap dengan olah jemari Simpson dalam sentuhan-sentuhan di tuts keyboard-nya. Rasanya, sangat berlawanan dengan makna harfiah lagu selanjutnya, It Takes A Fool; yang mendayu namun tetaplah itu khas dalam sentuhan Perry.Sesuai dengan salah satu gelaran musikal dia, interpreter sangat menjiwai dari musik, teknik falsetto yang sulit dan rumit pada capaian oktaf tinggi kerap dia nyatakan. Dia sangat terkenal juga dengan After The Love Has Gone, saat berduet dengan Vesta Williams, yang dikenang orang sebagai perpaduan sangat lembut dengan penuh cinta.Perry, seusai pertunjukan yang tampaknya enggan ditinggalkan penikmatnya ditemui di belakang panggung. Jas telah dia lepas, tinggalah kemeja putih yang cukup basah oleh peluh. Bergelas-gelas air mineral dia teguk, dan bersedia diwawancara singkat.”I miss you.. I say this to my tender friends in Indonesia…” Dalam kalimat lain, dia katakan bahwa dia sudah tidak berjarak lagi dengan penikmat musik di Indonesia. (*)Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Atiqah Hasiholan daur ulang sampah plastik Bintang film Atiqah Hasiholan menggunakan botol plastik bekas air mineral sebagai pot penghias dinding rumahnya …KLa Project ajak penggemarnya bernostalgia Grup musik asal ibu kota KLa Project mengajak ratusan penggemarnya di Bali bernostalgia bersama di Krisna Auto Gallery …Angelina Jolie, Meryl Streep peringati Hari Perempuan Sedunia Angelina Jolie dan Meryl Streep turut berpartisipasi dalam Pertemuan Puncak Perempuan Sedunia (World Women Summit), …

View the original article here

Cynthia Lamusu jadi nenek-nenek

Posted: 07 Mar 2012 06:41 AM PST

Chyntia Lamusu. (FOTO ANTARA)

Jadi ibu-ibu usia 60 tahun, senang tapi terbayang saja, ini tantangan”

Jakarta (ANTARA News) – Dunia peran bukan hal baru bagi Cynthia Lamusu, namun dalam pementasan kabaret bertajuk “Kabaret Oriental – Anak Emas Juragan Batik”, ia ditantang memainkan peran menantang, menjadi seorang ibu peranakan Cina berusia 60 tahun.

“Jadi ibu-ibu usia 60 tahun, senang tapi terbayang saja, ini tantangan,” kata istri dari aktor Surya Saputra itu dalam jumpa pers pementasan Kabaret Oriental – Anak Emas Juragan Batik persembahan Eksotika Karmawibhangga Indonesia (EKI) Dance Company di Jakarta, Selasa.

Selain harus berakting sebagai seorang ibu berpembawaan kalem, ia harus belajar intonasi dan dialek Cina-Jawa juga berlatih secara detail lagu mandarin yang akan dibawakannya saat pementasan nanti.

“Sebenarnya sudah biasa nyanyi lagu mandarin bareng AB Three, tetapi ini kan pementasan jadi harus detail sekali,” kata personil trio AB Three itu.

Cynthia sudah berlatih selama lebih dari satu bulan untuk gestur seorang ibu berusia 60 tahun dan dialek cadel khas keturunan Cina yang kejawa-jawaan.

Sedangkan untuk menyanyikan lagu mandarin secara benar, ia berlatih bersama seorang guru. Ia juga akan menyanyikan lagu jazz “Unforgettable” versi mandarin.

Cynthia berperan sebagai Lusi yang merupakan istri keempat tuan Hwang Cin Hin, pemilik perusahaan batik Hwang. Ia mempunyai anak Robert, diperankan Uli Herdinansyah, yang berseteru dengan William, anak pertama Tuan Cin Hin dari istri pertama.

Anak Emas Juragan Batik akan dipentaskan pada 20-24 Maret 2012 di Gedung Kesenian Jakarta dengan lebih dari 300 pemain, penari, koreografer, penata artistik, kru panggung, termasuk pemain pendukung Sarah Sechan, Bayu Oktara, Ary Kirana, dan kelompok Sahita.

(M047)

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Iran tekankan penggunaan diplomasi budaya dengan RI Menteri Kebudayaan dan Bimbingan Islam Iran Sayed Mohammad Hosaini mengatakan, Iran akan menggunakan diplomasi budaya …Angelina Jolie, Meryl Streep peringati Hari Perempuan Sedunia Angelina Jolie dan Meryl Streep turut berpartisipasi dalam Pertemuan Puncak Perempuan Sedunia (World Women Summit), …Minat warga malaysia berlibur ke Bali meningkatMinat warga negara Malaysia yang berlibur di Bali meningkat, sebagaimana data kunjungan wisatawan asal negeri Jiran …

View the original article here

BJ Habibie saksikan Film Negeri 5 Menara

Posted: 07 Mar 2012 06:35 AM PST

Bacharuddin Jusuf Habibie. (FOTO. ANTARA)Jakarta (ANTARA News) – Mantan Presiden BJ Habibie menghadiri a Special Screening Film “Negeri 5 Menara” di bioskop Blitz Megaplex Pacific Place, Jakarta.

“Saya tidak mengira kalau filmnya akan begitu rinci karena biasanya versi buku akan beda sama versi film. Jadi, selamat untuk semua tim, khususnya para pemain karena bisa tampil dengan baik dan tidak membosankan,” kata Habibie dalam konferensi pers usai acara tersebut, Minggu.

Untuk bagian yang paling berkesan, lanjut Habibie, adalah adegan di awal film yang menampilkan dua anak berlari menuju danau, membuka baju, kemudian melompat ke danau tersebut.

“Waktu saya lihat adegan ini, tiba-tiba jadi ingat masa kecil saya. Dulu waktu umur sekitar delapan tahun, saya juga pernah melakukan hal yang sama. Bedanya, waktu itu saya melompat ke kali, bukan danau, dan tidak mengenakan apa pun,” kata Habibie.

Menurut Habibie, pesan moral yang disampaikan melalui film Negeri 5 Menara itu baik dan patut dicontoh oleh kaum muda saat ini.

“Inti film ini adalah jika kami memiliki keinginan atau cita-cita, kemudian ada kemauan untuk berusaha keras, sungguh-sungguh dan konsisten, keinginan tersebut pasti akan tercapai,” ujarnya.

Habibie menambahkan pesan moral tersebut patut dicontoh oleh anak-anak muda, khususnya zaman sekarang, di mana semuanya serba instan.

Film Negeri 5 Menara dibuat berdasarkan cerita yang diangkat dari novel dengan judul yang sama karangan Ahmad Fuadi.

Pada acara tersebut, Habibie datang bersama keluarganya. Selain mantan presiden, acara itu juga dihadiri oleh sutradara film Affandi A Rachman, promotor musik Adri Subono, beberapa pemeran serta penulis novel itu sendiri.
(T.R027/N002) Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Minat warga malaysia berlibur ke Bali meningkatMinat warga negara Malaysia yang berlibur di Bali meningkat, sebagaimana data kunjungan wisatawan asal negeri Jiran …Angelina Jolie, Meryl Streep peringati Hari Perempuan Sedunia Angelina Jolie dan Meryl Streep turut berpartisipasi dalam Pertemuan Puncak Perempuan Sedunia (World Women Summit), …KLa Project ajak penggemarnya bernostalgia Grup musik asal ibu kota KLa Project mengajak ratusan penggemarnya di Bali bernostalgia bersama di Krisna Auto Gallery …

View the original article here

Sultan: budaya etnik lokal dipertahankan

Posted: 07 Mar 2012 06:28 AM PST

Ilustrasi (FOTO ANTARA News/ferly)Medan (ANTARA News) – Sri Sultan Hamengkubuwono X mengatakan, seluruh daerah di tanah air harus dapat mempertahankan budaya etnik lokal yang dapat memperkaya kebudayaan Indonesia.

Dalam silaturahim dengan jajaran Pemprov Sumut di Medan, Sabtu (3/3) malam, Sri Sultan mengatakan, budaya etnik lokal perlu dipertahankan karena merupakan aset yang telah ada sejak ratusan tahun.

Keberadaan budaya etnik lokal itu juga perlu dipertahankan karena dapat menjadi identitas masyarakat tertentu.

Setidaknya, ada tiga unsur budaya etnik lokal yang dapat menggambarkan identitas seseorang yakni bahasa, pakaian, makanan, dan kesenian daerah.

“Jadi, kalau ada yang berbicara atau menggunakan busana tertentu, orang lain sudah bisa mengetahui asalnya dari mana,” katanya.

Upaya mempertahankan budaya etnik lokal tersebut tidak akan bertentangan dengan Bhineka Tunggal Ika yang menjadi konsep berbangsa dan bernegara.

Malah, Bhineka Tunggal Ika akan menjadi perekat dan pemersatu berbagai budaya etnik lokal tersebut.

“Yang penting, Bhineka Tunggal Ika tidak sekadar menjadi simbol melainkan strategi pemersatu bangsa,” kata Gubernur Yogyakarta itu.

Untuk menjadikan berbagai budaya etnik lokal dan perbedaan sebagai kekuatan, bangsa Indonesia harus membiasakan dialog antargolongan.

“Proses dialog budaya antaretnik adalah keniscayaan yang harus dibangun,” katanya.

(T.I023/B/M009) Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Angelina Jolie, Meryl Streep peringati Hari Perempuan Sedunia Angelina Jolie dan Meryl Streep turut berpartisipasi dalam Pertemuan Puncak Perempuan Sedunia (World Women Summit), …Atiqah Hasiholan daur ulang sampah plastik Bintang film Atiqah Hasiholan menggunakan botol plastik bekas air mineral sebagai pot penghias dinding rumahnya …KLa Project ajak penggemarnya bernostalgia Grup musik asal ibu kota KLa Project mengajak ratusan penggemarnya di Bali bernostalgia bersama di Krisna Auto Gallery …

View the original article here

KLa Project ajak penggemarnya bernostalgia

Posted: 07 Mar 2012 06:20 AM PST

Pemusik dan penyanyi, Katon Bagaswara (FOTO ANTARA/Yudhi Mahatma)Denpasar (ANTARA News) – Grup musik asal ibu kota KLa Project mengajak ratusan penggemarnya di Bali bernostalgia bersama di Krisna Auto Gallery Denpasar, semalam.

Meskipun sehari sebelumnya tampil memukau di panggung Java Jazz di Jakarta, Katon Bagaskara (vokal), Lilo (gitar), dan Adi Adrian (keyboard) seakan tak kekurangan energi untuk menunjukkan performa terbaiknya di panggung musik khusus tamu undangan acara pembukaan Krisna Moda, Krisna Spa&Bridal, dan Krisna Auto Gallery itu.

Konser KLa diawali tiupan saksofon Arie Kurniawan. Lengkingan mendayu-dayu dari saksofon itu menjadi musik intro untuk lagu berjudul “Terpuruk Ku Di Sini”. Begitu tiupan saksofon terhenti, Katon pun tidak langsung memulainya dengan bait-bait puitis dalam tembang dari album KLa Project bertajuk “Ungu” yang dirilis pada 1994 itu.

“Kita berkumpul di sini untuk selalu menebar energi positif. Kita tidak akan `Terpuruk Ku Di Sini` tanpa motivasi dan kerja keras Cok Aji (julukan Gusti Ngurah Anom, pendiri Krisna Group),” pesan Katon di sela-sela iringan gitar dan keyboard sebelum mulai membawakan lagu yang dalam album terbaru “Tribute To Kla” dibawakan oleh Ahmad Dhani itu.

Gesekan biola Ava turut menambah kesan melodius dalam lagu itu. Tak ayal, para tamu undangan di deretan terdepan yang didominasi perempuan berpakaian kebaya Bali meransek dan ingin mendekat ke panggung.

Penonton kembali dibuat bergoyang tatkala Lilo alias Romulo Radjadin memainkan gitarnya untuk intro lagu “Gerimis”. Gerimis yang malam itu membasahi sebagian besar wilayah Kota Denpasar seakan menambah kesan melankolis pada lagu yang dibawakan suami aktris Ira Wibowo itu.

Katon tidak sekadar bernyanyi. Namun, mengajak penggemarnya untuk menuangkan harapan-harapannya melalui lagu “Menjemput Impian”. Dalam menyanyikan lagu itu, Katon mengajak Ayu Saraswati yang bertindak selaku MC dalam acara tersebut.

Keduanya berjalan bergandengan tangan di atas “catwalk” untuk mendekati para penggemarnya yang duduk di deret tengah. “Catwalk” beralasakan kaca itu sebelumnya digunakan untuk peragaan busana dalam pembukaan Krisna Moda dan Krisna Spa&Bridal.

Satu tembang berjudul “Hidup Adalah Impian” yang diambil dari album terakhirnya “KLa Excellencia 2010″ dibawakan Katon penuh penghayatan. Ava kembali unjuk kebolehan melalui gesekan biolanya untuk musik intro atas lagu berjudul “Semoga”.

Setelah mengaduk-aduk emosi penggemarnya melalui “Semoga” dengan nada-nada puitis dan melankolis, Katon kembali membuat penggemarnya berjingkrak oleh “Lagu Baru”. Dalam tembang dari album kedua yang dirilis pada 1990 itu terdapat sentuhan musik dangdut, sehingga suasana malam itu kian semarak.

Katon kembali menghadirkan suasana romantis melalui lagunya berjudul “Tak Bisa Ke Lain Hati”. Penonton pun semuanya berdiri dan menyanyikan bersama-sama lagu yang diambil dari album bertajuk “Pasir Putih” yang diluncurkan pada 1993 itu.

Usai membawakan “Tak Bisa Ke Lain Hati”, seorang anggota keluarga Cok Aji meminta Katon menyanyikan lagu berjudul “Romansa”. “Ha? Gimana Adi dan Lilo?” kata Katon mendekati dua rekannya itu dalam merespons permintaan penggemar istimewanya. Ketiganya pun memenuhi permintaan tersebut dan menyanyikan lagu andalan dari album bertajuk “V” yang dirilis pada 1995 itu.

Lagu “Yogyakarta” pun menyusulnya setelah “Romansa” berakhir. Penggemarnya pun menirukan lagu KLa Project yang menjadi legenda sampai saat ini. Suara Katon pun tenggelam oleh koor penggemarnya yang turut meneriakkan “refrain” lagu “Yogyakarta”.

“Tentang Kita” menjadi lagu penutup konser tersebut. Para penggemarnya seakan terbius oleh lantunan lagu yang mengantarkan KLa Project ke pentas hiburan nasional pada 1988.

Usai menyanyikan lagu itu, para penggemar masih belum beranjak dari tempat duduknya. Mereka berteriak, “Lagi…lagi…lagi!” “Sudah malam, waktunya sudah habis,” sahut Lilo yang juga menjadi “backing vokal” dalam konser tersebut.

Selain Ava dan Arie, KLa Project juga diperkuat oleh Henry (bas) dan Harry Goro (drum). Konser itu mengobati kekecewaan penggemarnya pada 1999 saat KLa hendak manggung di Art Center, Denpasar.

“Saat itu, kami tidak mengira akan terjadi hujan deras sehingga semua peralatan kami basah sebelum pertunjukan dimulai,” kata Katon mengenang peristiwa 13 tahun silam yang lokasinya tak jauh dari tempatnya manggung pada Senin malam itu.

(T.M038/C004) Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Minat warga malaysia berlibur ke Bali meningkatMinat warga negara Malaysia yang berlibur di Bali meningkat, sebagaimana data kunjungan wisatawan asal negeri Jiran …Angelina Jolie, Meryl Streep peringati Hari Perempuan Sedunia Angelina Jolie dan Meryl Streep turut berpartisipasi dalam Pertemuan Puncak Perempuan Sedunia (World Women Summit), …KLa Project ajak penggemarnya bernostalgia Grup musik asal ibu kota KLa Project mengajak ratusan penggemarnya di Bali bernostalgia bersama di Krisna Auto Gallery …

View the original article here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar