Rabu, 28 September 2011

merpatipos.com

merpatipos.com


Penumpang KM Kirana | Trauma Kapal Terbakar, Niat Mencari Kerja Batal

Posted: 27 Sep 2011 10:48 PM PDT

Kebakaran KM Kirana IX di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Rabu (28/9/2011) pagi, tak hanya menalan delapan korban jiwa dan sekitar 50 korban luka, tapi juga menyisakan trauma bagi para penumpang.

Salah satu pengakuan muncul dari mulut Atikah, yang merupakan calon penumpang yang berniat mencari peruntungan di Balikpapan, Kalimantan Timur. Niatnya untuk memperbaiki hidup di Kalimantan seketika dibatalkannya.

Atikah terbilang beruntung bisa keluar dengan selamat dari kapal, di tengah arus ribuan penumpang yang berlarian keluar pagi tadi. Namun, toh, keberuntungannya pagi ini tak berarti banyak. “Saya trauma. Sudah, habis ini pulang saja. Cari kerja di Jawa saja,” ujar Atikah, yang adalah warga Bondowoso.

Hal serupa dituturkan Marnawati, keluarga korban luka-luka yang masih dirawat di RS PHC Surabaya. “Saya mengalami kejadian tidak enak seperti ini dengan KM Kirana IX sudah dua kali ini. Saya tidak ingin ada ketiga kalinya. Itu sebabnya saya mendingan tidak balik ke Kalimantan, cari kerja di sini saja. Gaji kecil tidak apa-apa,” ujar perempuan yang bekerja membuat bata di Kalimantan tersebut.

Kamar Anak | Pahami Kamar Tidur yang Menyenangkan Anak

Posted: 27 Sep 2011 10:45 PM PDT

Beranjak usia sekolah, sang anak mulai berkembang menjadi individu kecil yang mencoba mandiri, mengenal rasa kepemilikan dan teritorial. Mereka menghendaki area pribadi yang menjadi kekuasaannya. Itulah sebabnya anak usia ini lebih senang tidur terpisah dari orangtuanya.

Namun, ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan agar kegiatan tidur menjadi pengalaman menyenangkan bagi anak-anak. Perhatikan letak kamar tidur. Dan bayangkan, sebaiknya letak tempat tidur, meja belajar, dan isi kamar lainnya, serta apa yang akan menjadi pusat perhatian ketika si kecil masuk ke “daerah kekuasaannya”. Misalnya, memberikan tema luar angkasa beserta bintang dan planet pada salah satu sisi kamar dapat memicu keingintahuan anak tentang antariksa.

Pahami juga selera masing-masing anak. Seorang anak adalah individu yang berbeda dengan anak lainnya, sekalipun bersaudara. Menggunakan warna berbeda sesuai dengan warna kesukaannya membuat anak merasa nyaman untuk berada di dalam kamar. Atau, menggunakan motif yang berbeda sesuai selera anak.

Anda juga bisa memberikan area privasi bagi anak untuk mengerjakan hal-hal yang menjadi hobi mereka. Karena itu, hendaknya mereka disediakan tempat tidur masing-masing supaya tidak saling mengganggu satu dengan lainnya dalam menjalankan hobinya.

Namun, apabila terpaksa harus berbagi tempat tidur, hendaknya sediakan area belajar yang terpisah. Hal ini penting untuk memberikan rasa tanggung jawab si anak. Jika menggunakan tempat tidur tingkat, sarankan agar yang berusia lebih besar menggunakan ranjang yang berada di atas.

Anda juga harus selalu bersikap adil. Apa pun yang diberikan pada salah satu anak, hendaknya diberikan pula pada saudaranya, misalnya lampu belajar yang unik dan menarik, bangku belajar beralaskan sofa, dan lain sebagainya. Dengan memiliki barang-barang tersebut secara pribadi, tidak satu pun dari mereka merasa dianaktirikan.

AVB : Valencia Sulit Dilawan

Posted: 27 Sep 2011 10:41 PM PDT

Pelatih Chelsea Andre Villas-Boas tidak dapat menutupi kesannya akan tim Valencia yang akan dihadapinya dalam pertandingan Liga Champions antara Chelsea dan Valencia di Mestalla, Rabu mendatang. Villas-Boas mengakui Valencia sebagai lawan yang sulit untuk ditaklukkan.

Menurut pelatih asal Portugal ini, kekuatan Valencia sampai kini tak terlepas dari peran teman baiknya, Unai Emery, yang kini melatih “Els Taronja”. Unai, lanjutnya, merupakan sosok pelatih yang membuatnya terkesan.

“Pertandingan besok (hari ini) akan sangat sulit karena saya tahu betapa sulitnya Valencia dilawan. Saya sangat terkesan dengan cara Valencia bermain sepak bola dan cara Unai memotivasi para pemainnya. Saya berharap bahwa suatu saat dia bisa datang ke Inggris dan mengelola tim di Premier League,” katanya seperti dikutip oleh ESPN Soccernet.

Villas-Boas sendiri tampaknya masih harus banyak mengurusi sejumlah persoalan emosional di internal timnya menyusul kabar tidak sedap mengenai hubungannya dengan gelandang Chelsea Frank Lampard serta rotasi skuad pemain. Penerbangan “The Blues” ke Valencia pun mengalami penundaan. Namun, dia mengatakan akan mengerahkan segenap kemampuan melawan tim yang dikelola oleh teman baiknya yang sama-sama berusia 30 tahun itu.

Villas-Boas yang pindah dari FC Porto ke Chelsea pada musim panas ini, menolak untuk mengonfirmasi bahwa rotasi skuad pemain di Stamford Bridge tidak akan berubah lagi ke depannya.

“Chelsea memiliki rekor yang fantastis dalam delapan tahun terakhir, dengan tiga gelar Premier League dan tiga Piala FA. Apa yang kami kelola dalam skuad adalah mendapatkan skuad siap untuk bertanding merebut gelar Premier League. Ini tidak bisa ditawar-tawar lagi. Tiga kali dalam tiga hari, tim diseleksi. Pada akhir (musim) kita akan berdiskus apa yang telah terjadi selama musim berlangsung dan apakah yang dilakukan oleh pelatih salah atau benar,” tandasnya.

Sumber terpercaya

Kriminal | 41 Tahun Buron, Pria Ini Tertangkap Juga

Posted: 27 Sep 2011 10:38 PM PDT

Seorang pria AS yang melarikan diri dari penjara pada 1970 setelah melakukan pembunuhan, kemudian membajak pesawat ke Aljazair dan menghilang selama empat dasawarsa akhirnya ditangkap di Portugal, demikian keterangan FBI, Selasa (27/9/2011).

“George Wright, buron selama 41 tahun, dibekuk kemarin (Senin, 26/9/2011) oleh Pemerintah Portugal,” demikian keterangan kantor Biro Penyelidikan Federal di Newark. “Amerika Serikat mengupayakan ekstradisi dia dari Portugal agar dia bisa menjalani sisa hukuman 15 sampai 30 tahun penjara,” katanya.

Pelarian Wright dimulai pada 23 November 1962 ketika ia dan tiga temannya terlibat dalam serangkaian perampokan bersenjata. Selama serangan terhadap satu stasiun pompa bensin di New Jersey, Wright dan seorang pria lain menembak hingga tewas seorang veteran Perang Dunia II. Meskipun Wright ditangkap tak lama setelah peristiwa tersebut dan menyatakan “tak ada pembelaan”, dia dan tiga pria lain meloloskan diri dari Bayside State Prison di New Jersey pada Agustus 1970.

Selama dua tahun, Wright menghilang dan diduga bergabung dengan Black Liberation Army, kelompok kekerasan masyarakat Amerika-Afrika. Lalu, pada 31 Juli 1972, ia termasuk di antara lima orang dewasa yang membajak pesawat Delta dari Detroit ke Miami, tempat mereka menuntut tebusan 1 juta dollar AS dari penumpang.

Ketika tebusan tersebut dibayarkan, mereka memaksa pilot menerbangkan pesawat itu ke Boston, tempat pesawat mengisi ulang bahan bakar dan menyandera pilot lain, lalu melintasi Atlantik menuju Aljazair. Para pembajak tersebut meminta suaka di sana. Kendati pesawat itu dan uang tebusannya disita oleh Pemerintah Aljazair dan dikembalikan ke Amerika Serikat, para pembajak tersebut cuma ditahan sebentar.

Selanjutnya gerombolan itu menjadi berita utama pada Mei 1976 ketika polisi Perancis menangkap empat di antara mereka walaupun Writght tidak ditangkap. Sampai Senin pekan ini, ia bisa terus berkeliaran.

“Penyelidikan mengenai George Wright menjadi contoh kekerasan hati, kekuatan pelaksana hukum. Bahkan, setelah 40 tahun, komitmen pelaksana hukum tak goyah,” kata Michael Ward, Kepala Divisi FBI Newark, dalam satu pernyataan. “Kasus ini juga mesti menjadi perhatian bahwa tekad FBI dalam memburu sasaran takkan pupus cuma karena waktu atau jarak,” katanya.

Sumber terpercaya

Foto Kematian | Jenazah Michael Jackson Bikin Heboh Sidang

Posted: 27 Sep 2011 10:35 PM PDT

Persidangan kasus dugaan pembunuhan terhadap Michael Jackson dengan terdakwa Dr Conrad Murray di pengadilan di Staples Center, Los Angeles, Selasa (27/9/2011), dibuat heboh.

Bagaimana tidak, untuk pertama kalinya, dalam persidangan tersebut jaksa penuntut David Walgren memperlihatkan foto mayat Jackson yang terbungkus kain putih di atas sebuah ranjang di rumah sakit, serta bukti-bukti lainnya sebelum kematian tragis bintang pop itu pada 25 Juni 2009.

Selain foto yang menghebohkan itu, jaksa juga memutar rekaman video melalui layar di mana memperlihatkan Jackson terlihat sehat saat melakukan latihan dan menyanyikan “Earth Song”, yang direkam sehari sebelum kematiannya.

Ibu Jackson, Catherine, terlihat tak kuasa menahan tangis ketika menonton rekaman video yang begitu emosional tersebut.

‘Kematian Michael Jackson adalah pembunuhan, ” ujar Wakil Jaksa wilayah Los Angeles David Walgren mengawali persidangan dihadapan para juri.

“Bukti-bukti ini akan menunjukkan bahwa Michael Jackson benar-benar menempatkan hidupnya di tangan Conrad Murray … Michael Jackson memercayakan hidupnya kepada keahlian medis dari Conrad Murray,” tegasnya.

Dalam posisi yang disudutkan Conrad beberapa kali terlihat mengusap air matanya.

Pernyataan pembelaan disampaikan pengacara pembela Dr Murray, Ed Chernoff. Kepada tim juri, Chernoff menyebutkan bahwa Michael Jackson tewas karena dirinya sendiri.

Untuk memperkuat pembelaannya, Chernoff bahkan menghadirkan bukti yang menunjukkan bahwa Jacko, begitu ia disapa, telah menelan 8, 2 mg pil Lorazepam dan menyuntikan sendiri dosis ekstra propofol pada tubuhnya.

“Kondisi ini yang kemudian menciptakan badai yang sempurna dalam tubuhnya, dan membunuhnya seketika,” kata Chernoff.

Mr Chernoff menegaskan tindakan Jackson sendirilah yang menyebabkan kematiannya. “Dia melakukan tindakan tanpa sepengetahuan dokter, tanpa izin dokter, melawan perintahnya, ia melakukan sebuah tindakan yang menyebabkan kematiannya sendiri,” tegas Chernoff.

Murray, 58, terancam hukuman empat tahun penjara bila dinyatakan bersalah.   Sebagai ahli jantung, ia tidak pernah membantah memberikan Jackson propofol, yang biasanya digunakan sebagai anestesi selama operasi, tapi ia menyangkal telah “meninggalkan pasiennya” pada saat kritis dan akhirnya berakibat fatal.

Orang tua Jackson dan saudaranya–Jermaine, Janet, LaToya, Randy, Tito dan Rebbie–terlihat hadir dalam sidang yang sangat emosional ini.

Sementara itu, para penggemar Jacko melakukan aksinya di luar sidang bersama-sama dengan kelompok yang mendukung Murray. Aksinya sendiri berjalan lancar dengan hanya memajang sejumlah poster di luar pengadilan.

Sumber terpercaya

Penyebab Balita Kurang Mandiri

Posted: 27 Sep 2011 10:32 PM PDT

Waktu yang tepat untuk mengajari anak mandiri adalah ketika usia 2-3 tahun. Inilah waktunya si anak senang melakukan berbagai hal sendiri, kata Alzena Masykouri, MPsi dari KANCIL, Jakarta. Dengan melatih kebutuhan anak untuk mandiri sejak dini, dan membantu anak untuk menunjukkan kemampuannya, bahwa ia mampu makan sendiri, pakai baju sendiri, maka ketika anak memasuki usia prasekolah, ia makin terlatih mandiri.

Bila di usia prasekolah (3-5 tahun), anak masih kurang mandiri, biasanya disebabkan tiga hal berikut:

1. Kurang mendapat kesempatan
Orang-orang di lingkungan sekitar, termasuk orangtua, kakek atau nenek, bahkan pekerja rumah tangga, kurang mengakomodasi atau memberikan kesempatan pada anak untuk berlatih mandiri.

Kalau anak tidak atau hanya sedikit diberikan kesempatan, jangan harap ia akan paham akan sesuatu yang harus ia lakukan untuk dirinya. Jadi, bila di usia dini anak tak mendapat kesempatan untuk mandiri, maka di usia selanjutnya ia pun tidak atau kurang mandiri.

2. Dianggap “lama”
Orangtua sering tak sabar akan proses kemandirian pada anak. Sebenarnya anak sudah bisa pakai baju sendiri, makan sendiri, pakai sepatu sendiri, tapi melakukannya butuh waktu.

Nah dengan alasan supaya cepat, orangtua atau pengasuh lah yang kemudian menggantikan peran anak dalam melakukan semua hal tadi. Dengan alasan supaya cepat inilah, tanpa disadari orangtua “memandulkan” kemandirian anak.

3. Dilayani pengasuh atau orangtua

Ada anak yang selama 24 jam selalu dilayani, baik oleh pengasuhnya maupun ibunya sendiri. Kebiasaan ini membuat anak tak mandiri. Ia selalu memanggil pengasuhnya untuk memenuhi semua kebutuhannya. Dalam hal ini pengasuh anak tak bisa disalahkan, karena bagaimana pun ia adalah perpanjangan tangan orangtua, terutama orangtua bekerja. Pengasuh bertindak seperti ini karena diberi tugas oleh orangtua si anak.

Bagi ibu rumah tangga, karena merasa seharian di rumah, umumnya para ibu ini beralasan “Buat apa saya ada di rumah kalau tidak mengurus anak?” Akhirnya semua kebutuhan anak diladeni. Di sisi lain, ibu tak sabar, maka agar semua pekerjaan bisa beres, segala kebutuhan anak dipenuhi dengan campur tangannya.

Anak usia ini lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Kalaupun bersekolah, ia hanya sekolah tiga jam. Selebihnya, anak belajar dari pengasuhan orangtuanya. Kalau pun anak diajarkan kemandirian di sekolah, ke toilet sendiri dan lain sebagainya, namun kebiasaan di rumah sangat menentukan kemandirian anak.

Sumber terpercaya

Jembatan Ampera | Kabut Asap Menyelimuti Palembang

Posted: 27 Sep 2011 10:29 PM PDT

Kabut asap masih menyelimuti Kota Palembang, Sumatera Selatan, mulai menjelang malam hingga pagi. Kabut asap ini membuat nafas sesak dan mata pedih.

Kabut asap cukup pekat kembali menyelimuti seputaran Jembatan Ampera di Pusat Kota Palembang, Selasa (28/9/2011) pagi.

Hingga sekitar pukul 07.00, suasana masih temaram karena sinar matahari tak mampu menembus asap pekat. Dari jarak sekitar 500 meter, Jembatan Ampera ikon Palembang itu hanya tampak sebagai siluet.

Meski jarak pandang berkurang, kapal dan perahu ketek masih tampak berlayar di Sungai Musi. Untuk menghindari kecelakaan, juru mudi kapal atau perahu terpaksa mengurangi kecepatan di tengah kabut asap.

Gangguan kabut asap baru berangsur menipis sekitar pukul 9.00. Gangguan kabut asap ini telah berlangsung setidaknya sebulan terakhir.

Pendataan Dinas Kehutanan Sumsel memperlihatkan jumlah rata-rata titik panas (hotspot) di Sumsel masih mencapai puluhan titik tiap hari.

Kebakaran lahan maupun sisa-sisanya terpantau hingga ratusan di kawasan pinggiran dan perbatasan Kota Palembang. Ratusan hektar lahan liar diduga sengaja dibakar untuk pembukaan kompleks perumahan dan lahan pertanian.

Sumber terpercaya

Kereta Api | PT Kereta Api Indonesia Ganti Logo

Posted: 27 Sep 2011 10:25 PM PDT

PT Kereta Api Indonesia merayakan ulang tahun ke-66 dengan memperkenalkan logo barunya, Rabu (28/9/2011). Logo tersebut diharapkan membawa semangat perbaikan bagi kinerja operator transportasi massal di Indonesia.

Logo tersebut berupa guratan dua garis berwarna oranye dan biru. Guratan ganda warna oranye berada di atas guratan tunggal warna biru. Logo tersebut menggantikan logo lama berupa tiga garis putih yang berjajar secara vertikal di latar belakang warna oranye, aplikasi lainnya adalah garis tersebut berwarna oranye.

Peresmian logo baru itu dilakukan di kantor pusat PT KAI, Rabu. Selain logo, juga diresmikan rail card, sebuah kartu pemesanan tiket kereta api, di mesin penjualan tiket yang tersebar di berbagai lokasi. Demonstrasi pemakaian tersebut diperagakan oleh Direktur Utama PT KAI, Ignasius Jonan.

Rail Card merupakan program PT KAI yang bekerja sama dengan BNI.

caption: demonstrasi penggunaan rail card

Sumber terpercaya

Hotel Terbakar | Kebakaran Hotel Prima Diduga Korsleting

Posted: 27 Sep 2011 10:22 PM PDT

Penyebab kebakaran di Hotel Prima, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (28/9/2011), masih dalam penyelidikan oleh Kepolisian Resor Kota Cirebon. Namun, pihak pemadam kebakaran menduga kebakaran ini dipicu oleh hubungan arus pendek atau korsleting.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Kota Cirebon Agus Rachmat mengatakan, di dalam gudang yang terbakar itu ditemui kabel-kabel yang bergantungan kurang rapi. Di gudang juga didapati perangkat komputer.

“Api cepat menyala karena kemungkinan di dalam gudang banyak busa dan plastik,” kata Agus. Api bisa dipadamkan sekitar pukul 11.30. Sebanyak 5 mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk menjinakkan api. Sementara itu, enam tangki air pun ludes untuk disemprotkan ke areal gudang yang terbakar.

“Kondisi angin yang kencang turut memicu cepatnya pergerakan api yang sukar dikendalikan,” kata Agus.

Terkait ketersediaan hidran di hotel, Bambang Ismanto mengatakan alat itu sudah ada. Namun, hidran tidak berfungsi baik karena sudah berusia tua. “Saat ini justru hidran sedang dalam perbaikan. Namun, berbarengan itu terjadi kebakaran,” kata pimpinan hotel tersebut.

Sumber terpercaya

PAMERAN | Presiden Buka World Batik Summit

Posted: 27 Sep 2011 10:19 PM PDT

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membuka acara World Batik Summit (WBS) 2011 di Jakarta Convention Center, Rabu (28/9/2011). Presiden hadir bersama istri, Ani Yudhoyono, dan istri Wakil Presiden Boediono, Herawati Boediono, serta para Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II.

Pembukaan WBS ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Presiden. Seusai memberi sambutan, Presiden berserta rombongan mengunjungi berbagai stan yang memamerkan batik, buku tentang batik, hingga alat musik tradisional.

Ketua panitia WBS Doddy Soepardi dalam sambutannya mengatakan, WBS sebenarnya sudah dirancang sejak 2007 oleh Yayasan Batik Indonesia. Namun, lantaran terkendala berbagai hal, WBS baru terlaksana saat ini.

Pameran bertema “Indonesia: Global Home of Batik” ini diikuti sekitar 1.000 delegasi nasional dan internasional dari berbagai kalangan, seperti produsen, akademisi, pemasaran, praktisi, desainer, perajin, kolektor, serta penggemar batik. Dari luar negeri tercatat ada 117 peserta dari 11 negara. Melalui pameran ini WBS berharap bisa mengangkat batik sebagai ikon bangsa dan daya tarik wisata Indonesia. Diharapkan, WBS juga dapat menjadi wadah pembelajaran bagi warga dunia untuk mengenali produk batik dan proses membatik secara detil dan mendalam.

Rencananya, WBS akan digelar hingga 2 Oktober 2011 mendatang. Pengunjung yang ingin hadir di pameran ini dikenakan tarif masuk sebesar Rp 10.000.

Sumber terpercaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar