Sabtu, 01 Oktober 2011

liputan24.com

liputan24.com


Penjualan Emas | Harga Turun, Emas Kembali Diburu

Posted: 01 Oct 2011 10:59 AM PDT

Pedagang emas awalnya was-was ketika harga emas melandai. Alay, pemilik Toko Lemabang Jaya dan Toko Palembang Jaya di Palembang, tadinya ingin membatasi penjualan perhiasan emasnya ketimbang merugi. Soalnya, beberapa stok miliknya dibeli saat harga masih tinggi. Tapi ia urung melakukannya karena banyak pembeli yang memburu emas di saat harganya rendah.

Jadilah ia melepas stoknya. “Perputaran uang harus jalan, mumpung banyak yang membeli. Jadi enggak begitu kejar untung gede,” kisahnya kepada KONTAN, Kamis (29/9/2011). Namun, ia tetap mendulang untung dari larisnya penjualan. Laba juga datang karena banyak pembeli rela memborong emas dengan kadar dan berat yang lebih rendah.

Dia mencontohkan, perhiasan dengan kandungan satu suku emas (6,7 gram) dilego Rp 3 juta, dengan modal Rp 2,8 juta. Tapi, harga jual emas setengah suku lebih tinggi, mulai Rp 1,6 juta-Rp 1,7 juta. “Makin banyak yang beli “kecil-kecil”, kami bisa ambil untung,” jelas dia.

Sepekan ini, Alay bisa menjual minimal 67 gram perhiasan per hari dan meraup untung sedikitnya Rp 2 juta sehari. Padahal, ketika harga tinggi, ia biasanya hanya bisa menjual 30 gram per hari.

Pedagang juga mereguk untung dengan menjual emas perhiasan berkadar rendah. Tadinya setiap selisih per kadar, ada perbedaan harga Rp 40.000–Rp 60.000. Tapi kini, harga jual emas berkadar 91 dibanderol Rp 3 juta per suku. Adapun harga emas berkadar 92 sekarang Rp 3,2 juta per suku. Artinya, selisih harganya menjadi Rp 200.000.

Satu-satunya kendala yang ia hadapi hanya distributor yang menahan pasokan emas. Namun, Alay tetap berupaya menyetok emas batangan.Dengan begitu, ketika harga emas melambung kembali, ia bisa meraup untung tambahan dari penjualan stok emas yang ia beli di harga lebih murah.

Gunawan, pemilik toko emas di Pekanbaru, juga mengalami lonjakan penjualan. Ia bisa menjual sedikitnya 100 gram emas sehari. “Ketimbang Agustus, penjualan naik lebih dari 50 persen,” ujarnya. Pembeli kebanyakan berasal dari daerah ketimbang kota Pekanbaru.

“Harga tinggi saja masih dibeli, apalagi saat murah. Orang daerah beli murah supaya nanti pas emas tinggi mereka bisa jual,” ucapnya.

Alay, Gunawan, dan pedagang perhiasan lain di daerah biasanya mengetahui fluktuasi harga emas dari internet, yaitu perdagangan komoditas London. Mulai pukul 09.00 WIB, informasi itu menyebar sampai pedagang daerah lewat telepon selular maupun BlackBerry. Uniknya, mereka baru mulai berjualan pukul 12 siang, setelah harga emas stabil.

Sumber Lengkap:: http://selebonline.com/wp-content/uploads/2010/11/selebonline.png

Gayus Tambunan Punya Anak Laki-laki Kembar

Posted: 01 Oct 2011 10:55 AM PDT

Istri Gayus Tambunan, Milana Anggraeni, melahirkan anak laki-laki kembar di Rumah Sakit Hermina Podomoro, Sunter, Jakarta Utara, Jumat (30/9/2011). Pasangan Gayus Tambunan-Milana Anggraeni itu mendapatkan anak keempat dan kelima setelah menjalani operasi caesar yang berakhir pada pukul 15.00.

“Anaknya laki-laki kembar,” kata salah satu karyawan Rumah Sakit Hermina (RS Hermina) seperti dilansir Tribunnews, Sabtu (1/10/2011).

Pagi tadi, bayi kembar tersebut berada di ruang rawat pada lantai II. Milana kemudian membawa anaknya ke ruang laktasi, tempat ibu-ibu menyusui bayi.

Pascamelahirkan, Milana masih enggan ditemui oleh siapa pun. Hanya keluarga dekat yang dikenalnya boleh menemui mantan pegawai negeri sipil itu di salah satu ruangan VIP di lantai IV rumah sakit tersebut.

“Ibu Milana tidak mau ditemui oleh media. Hanya keluarga terdekat yang dapat menemuinya,” kata perwakilan Humas RS Hermina, Subiantoro, Sabtu.

Wartawan yang hendak menemui Milana dilarang petugas keamanan setempat. Mereka meminta media agar bertemu dengan pihak rumah sakit.

Seperti diketahui, suami Milana, Gayus Tambunan, yang selama ini mendekam di Lembaga Permasyarakatan Cipinang diberikan izin untuk melihat si buah hati. Terpidana kasus mafia pajak itu diberi izin keluar dengan pengawalan petugas sipir dan polisi.

“Tadi izinnya pukul 11.00. Yang mengawal dua sipir dan dua polisi,” kata Kepala Lapas Cipinang Haviludin, ketika dihubungi.

Ketika ditanyakan apakah ada pihak keluarga Gayus yang menemaninya berangkat dari lapas, Haviludin mengatakan tidak ada. “Ya, mereka ketemunya di rumah sakit semua. Gayus ya sendiri saja dari lapas,” ujarnya.

Yang terpenting, kata Haviludin, terpidana tujuh tahun itu kembali lagi ke Lapas Cipinang pada sore. “Gayus yang penting pulang lagi pukul 16.00,” kata dia.

Sumber Lengkap:: http://selebonline.com/wp-content/uploads/2010/11/selebonline.png

Perburuan Teroris | Ratusan Foto Pelaku Teror Bom Disebar

Posted: 01 Oct 2011 10:52 AM PDT

Kepolisian Resor Madiun, Jawa Timur, menyebar sekitar 500 hingga 700 lembar foto daftar pencarian orang (DPO) yang diduga terlibat jaringan terorisme di sejumlah daerah di Tanah Air.

Langkah ini diambil untuk mengantisipasi pergerakan teroris di Madiun, dan mengingatkan masyarakat supaya mewaspadai masuknya orang-orang tidak dikenal di lingkungan sekitar.

“Penyebaran gambar teroris paling dicari ini mulai dilakukan hari ini. Adapun lokasi penyebarannya difokuskan pada titik strategis seperti stasiun, terminal, kantor desa, kantor kecamatan, hingga pos kampling,” ujar Kepala Polres Madiun Ajun Komisaris Besar Nanang Juni Mawanto, Sabtu (1/10/2011).

Sumber Lengkap:: http://selebonline.com/wp-content/uploads/2010/11/selebonline.png

Nilai Pasar | IBM Lampaui Microsoft

Posted: 01 Oct 2011 10:49 AM PDT

Untuk pertama kalinya sejak tahun 1996, International Business Machines (IBM) Inc melampaui saingannya, Microsoft Corp, dari segi nilai pasar. Hal ini dinilai sebagai salah satu sinyal bahwa industri teknologi sudah bergeser jauh dari komputer pribadi (personal computer/PC).

Sebelumnya, lebih dari setahun lalu Microsoft juga dikudeta oleh Apple Inc sebagai perusahaan teknologi yang paling besar nilai pasarnya. Microsoft mengalami puncak kejayaan pada akhir tahun 1999. Saat itu nilai pasar perusahaan yang didirikan Bill Gates itu mencapai 600 miliar dollar AS. Namun, sejak itu, nilai pasar Microsoft cenderung terus turun seiring kegagalan berbagai aksi korporasi perusahaan itu, seperti di bidang mesin pencari ataupun mobile.

Pada penutupan Jumat (30/9/2011), berdasarkan FactSet Research, nilai pasar IBM mencapai 208,84 miliar dollar AS, sedangkan Microsoft sebesar 208,54 miliar dollar AS. Sementara itu, Apple Inc kokoh di puncak dengan nilai pasar mencapai 362 miliar dollar AS.

Kenaikan harga saham IBM yang secara konsisten meningkat membuat perusahaan yang didirikan Thomas J Watson itu melampaui Microsoft. Berdasarkan data Bloomberg, nilai saham IBM secara konsisten terus meningkat, bahkan saat ini sudah naik 22 persen dibanding awal tahun 2011. Kebalikan dengan Microsoft yang cenderung turun, saat ini nilai saham yang didirikan oleh Bill Gates ini sudah melorot 8,8 persen dibandingkan dengan awal tahun.

Para analis menilai, keputusan IBM tahun 2005 untuk menjual bisnis komputer kepada perusahaan China, Lenovo, untuk terus berkonsentrasi pada perangkat lunak dan jasa merupakan faktor yang membuat IBM terus merangkak naik. “IBM melampaui teknologi. Mereka sejak dini sudah mendeteksi bahwa komputasi melaju melebihi dari hanya sekadar kotak-kotak di meja kita,” ungkap Ted Schadler, seorang analis riset Forrester kepada Bloomberg.

Sumber Lengkap:: http://selebonline.com/wp-content/uploads/2010/11/selebonline.png

Evakuasi Casa 212 | Nama Korban CASA 212-200

Posted: 01 Oct 2011 10:45 AM PDT

Badan SAR Nasional sudah mengumumkan bahwa semua penumpang dan awak pesawat CASA 212-200 yang jatuh di hutan Taman Nasional Gunung Leuser, Bahorok, Langkat, Sumatera Utara, meninggal. Berikut adalah nama-nama para korban:

Kru pesawat:

1. Captain: Famal Ishak

2. Co Pilot: Budiono

3. Enginer: Nico Matulessy

4. FOO: B Soetopo

Penumpang :

1. Aisyah (P)

2. Astuti (P)

3. Suriadi (L)

4. Tia Apriliani (anak).

*Suriadi, Astuti, dan Tia adalah ayah, ibu, dan anak

5. dr Suhelman (L)

6. dr Juli Dhaliana (P)

*Suhelman adalah anggota DPRD Kabupaten Aceh Tenggara. Adapun Juli Dhaliana adalah istri Suhelman.

7. Siwa Sanbungan (L)

8. Jefridin (L)

9. Tirnau Karsau (L)

10. Andi Raylan Bangko (L)

11. Ahmad Arief (bayi).

*Andi Raylan dan Ahmad Arif adalah bapak-anak

12. Samsidar Yusni (P)

13. Hamimatul Janah (anak)

14. Hanif Abdilah (bayi)

Rahmawati, keluarga korban Aisyah yang dihubungi tengah berada di Bahorok, mengatakan, keluarga korban kecewa. “Kalau penanganannya cepat, (mereka) bisa diselamatkan,” kata Rahmawati.

Sumber Lengkap:: http://selebonline.com/wp-content/uploads/2010/11/selebonline.png

Kecelakaan CASA 212

Posted: 01 Oct 2011 10:42 AM PDT

Bagus Soetopo Sucito Putro (61) dikenal sebagai Flight Operation Officer (FOO) di kalangan penerbangan. Namun, di tengah masyarakat, ia lebih dikenal sebagai pencinta alam.

“Bapak memang suka hiking, mendaki gunung, atau pergi ke pedalaman kalau liburan,” tutur Sunny Leoni Kesumasari (17), putri bungsu Alm Topo, kepada Kompas.com di rumah duka, Kompleks Villa Japos B3, Nomor 2, Jurang Mangu Barat, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Sabtu (1/10/2011).

Alm Topo sejak muda sudah bergabung dengan sejumlah klub pencinta alam. Salah satu favoritnya selain hiking adalah bersepada gunung di tengah hutan pegunungan. Tak heran bila sejumlah sepeda gunung dari berbagai tipe berjejeran di salah satu sudut rumahnya.

Buah dari petualangannya di tengah alam masih tersimpan dalam bentuk foto dan binatang peliharaan. “Ini sangkar burung keok dari pedalaman Papua tahun 2006. Kalau ayam hutannya pemberian orang Suku Baduy (Banten) tahun 2005,” terang Sunny.

Sementara itu menurut putra kedua Topo, Diego Bagus Bawono (29), ayahnya adalah tipe pria gaul lantaran memiliki banyak teman dari kalangan muda. “Itu karena hobinya sebagai pencinta alam. Punya banyak teman. Malah banyak anak mudanya,” ujar Diego.

Tak heran bila waktu-waktu liburan dari tugas sebagai perwira operasi penerbangan, almarhum kerap bepergian menyisir alam. “Bapak mau ke gunung,” kata Diego menuturkan kebiasaan ayahnya saat berpamitan. Baik Barbara Budiyanti (54), istri almarhum, maupun keempat anaknya sudah sangat mafhum dengan kalimat tersebut: sang ayah ingin menikmati hobinya sebagai pencinta alam.

Tak ada yang menyangka bila jalan hidup Topo pun berakhir di tengah alam. Bagus Soetopo Sucito Putro adalah salah seorang awak pesawat CASA 212-200 yang jatuh di Bahorok, Langkat, Sumatera Utara. Di tengah belantara yang sulit dijamah tangan manusia, ajal menjemputnya bersama tiga awak PT Nusantara Buana Air (NBA) dan 14 penumpang lainnya.

Ketua Badan SAR Nasional Marsekal Madya Sudaryatmo menyatakan, berdasarkan laporan petugas yang sudah terhubung pada pagi ini, semua penumpang pesawat CASA 212-200 yang jatuh di Bahorok, Langkat, Sumatera Utara, ditemukan meninggal dunia.

“Sampai pagi tadi, kami masih yakin dia survive. Orangnya tangguh dan sudah biasa dengan situasi darurat begitu. Alam liar sudah barang biasa buat dia,” terang Rocky, teman dekat almarhum dan sesama anggota Japos for Cycling (JSC), klub sepeda gunung.

Ia menjelaskan, almarhum Topo adalah orang yang tangkas dan sangat terlatih dalam teknik penyelamatan. Hal itu telah diakui rekan-rekannya para pendaki gunung dan pencinta alam. Rizal, sahabat lamanya, menduga kondisi pesawat memang tidak memungkinkan untuk penyelamatan diri.

Pria kelahiran Solo, 22 Oktober 1950, ini akhirnya harus berpamitan untuk selamanya meninggalkan istri tercinta dan keempat anaknya, serta teman-teman pencinta alam. Hutan Taman Nasional Gunung Leuser menjadi alam terakhir yang disinggahinya.

Sumber Lengkap:: http://selebonline.com/wp-content/uploads/2010/11/selebonline.png

ADAT | Jakarta Tempo Dulu di Lebaran Betawi

Posted: 01 Oct 2011 10:38 AM PDT

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Lebaran Betawi kembali digelar oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Badan Musyawarah Masyarakat (Bamus) Betawi di Lapangan PIK Cakung, Jakarta Timur.

Masyarakat dapat menikmati suasana Jakarta Tempo Dulu yang ditawarkan dalam perhelatan kali ini. “Masyarakan dapat menikmati suasana Jakarta Tempo dulu atau kampung besar Jakarta masa lalu,” kata Ketua Panitia Pelaksana Lebaran Betawi 2011, Idawara, di Jakarta, Sabtu (1/10/2011).

Tidak hanya itu, masyarakat juga dapat menikmati musik gambang kromong, ondel-ondel, rumah tradisional betawi, Lenong, batik betawi, irama gambus dan juga musik dangdut. Tahun ini merupakan penyelenggaraan keempat dengan mengambil tema “Membangun Persaudaraan Universalitas?”

Tema ini diambil sebagai bagian dari upaya membangun kebersamaan antara semua anak bangsa dalam membangun Jakarta yang pluralis,” jelasnya. Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, yang membuka acara ini mengatakan bahwa Lebaran Betawi memiliki arti penting dan merupakan momentum strategis untuk melestarikan, mengembangkan dan mempromosikan budaya Betawi.

Selain itu, juga meneguhkan kehidupan warga Jakarta yang agamis, toleran, terbuka, akrab dalam pergaulan dan penuh persaudaraan.

“Orang Betawi adalah warga yang selalu menunjukan sikap toleransi yang tinggi. Kita tidak akan menjumpai kota lain di Indonesia dengan tingkat kemajemukan yang beragam seperti di Ibukota,” tutur Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo.

Menurutnya, keberagaman ini merupakan sumber kekuatan dan keunggulan komparatif yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan daya saing dan citra kota Jakarta. Jadi, sudah semestinya semua warga Jakarta terus mempererat tali silaturahmi.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Umum Bamus Betawi, Nachrowi Ramli, Ketua Dewan Kehormatan, Edy M Nalapraya, Ketua Dewan Penasihat, Effendi Yusuf, jajaran MUSPIDA Provinsi DKI Jakarta, tokoh masyarakat Jakarta, perwakilan etnis Nusantara, Ulama dan Habaib Betawi, Bupati dan Walikota Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi.

Sementara itu, sebanyak 25.000 masyarakat diperkirakan tumpah ruah dalam kegiatan rutin tahunan yang akan digelar selama dua hari yakni 1 Oktober dan 2 Oktober.

Lebaran Betawi sendiri memiliki makna bahwa kaum muda tidak boleh lupa untuk menghargai kaum tua. Biasanya gaya bersilaturahim orang Betawi saat berlebaran adalah membawa anteran atau hantaran. Jadi saat berkunjung, seorang anak kepada orang tuanya atau yang muda kepada yang lebih tua, akan membawa anteran atau gegawan.

Anteran tersebut berbentuk makanan khas seperti dodol, geplak, wajik, semur daging dan lain-lain. Seiring berkembangnya peradaban, bentuk hantaran kini selain berbentuk makanan khas, ada pula berupa parsel dan lain-lain, namun intinya tetap sama, yaitu menghormati orang tua atau yang dituakan atau yang lebih tua.

Sumber Lengkap:: http://selebonline.com/wp-content/uploads/2010/11/selebonline.png

Berlibur | 530 Juta Warga China Bepergian

Posted: 01 Oct 2011 10:33 AM PDT

Selama liburan panjang akhir pekan terkait Hari Nasional China yang dimulai Sabtu (1/10), lebih dari 530 juta orang diperkirakan melakukan perjalanan. Angka itu naik hampir 10 persen dari data tahun lalu, demikian perkiraan resmi pemerintah China.

Juru bicara Kementerian Transportasi China, He Jianzhong, mengatakan, perusahaan penerbangan, kereta api dan angkutan jalan raya di China siap melayani rata-rata 75,6 juta pelancong setiap hari selama liburan dari 1 sampai 7 Oktober. Mereka diperkirakan sangat sibuk pada hari pertama dan terakhir liburan, ketika orang pergi dari dan pulang ke kampung mereka, lapor Xinhua.

Ia mengatakan, lebih dari 830.000 bus dengan 20 juta kursi akan dioperasikan selama liburan tersebut. Sementara itu, 21.000 kapal dengan hampir 900.000 kursi juga siap dioperasikan secara penuh. Beberapa sumber dari Kementerian Kereta Api mengatakan, kementerian tersebut telah melakukan upaya besar untuk memudahkan orang yang bepergian.

Sumber Lengkap:: http://selebonline.com/wp-content/uploads/2010/11/selebonline.png

Contoh Uang Afrika

Posted: 01 Oct 2011 10:29 AM PDT


Afrika Selatan
Salah satu keunikan dari uang negara ini adalah menampilkan gambar fauna atau binatang sebagai design utama. Tentu saja hal ini ada dasar dan alasan tersendiri yaitu sulitnya memunculkan tokoh nasional yang bisa diterima oleh tiga ras berbeda yaitu kulit hitam, berwrna dan kulit putih. Jadi agar tidak menimbulkan perdebatan diambil jalan tengah yaitu menampilkan tokoh binatang sebagai design utama.




. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Nigeria


. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 

Rwanda


. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 


Tunisia

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 

 Uganda


. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Zaire

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Konferensi Pemuda Dunia | Seruan Perdamaian Pemuda Dunia

Posted: 01 Oct 2011 10:27 AM PDT

Pemuda dunia menyerukan deklarasi perdamaian di monumen gong perdamaian dunia, di Ambon, Maluku, Sabtu (1/10/2011) malam. Deklarasi yang berisi lima poin seruan itu merupakan hasil kesepakatan pemuda Indonesia dan sejumlah negara yang menghadiri Forum Pemuda Dunia di Ambon, hari ini.

Kelima poin seruan itu adalah:

1. Mengecam keras segala bentuk kekerasan dan kesewenang-wenangan yang terjadi di seluruh dunia

2. Menyerukan penghapusan segala bentuk diskriminasi yang terkait suku, agama, dan ras

3. Menyerukan untuk saling menghargai, menghormati, dan menyebarkan budaya dalam semua aspek kehidupan dalam mencegah dan menyelesaikan kekerasan dan konflik.

4. Menyerukan kepada pemerintah dan seluruh pemimpin dunia untuk serius dalam mencegah dan menyelesaikan segala bent uk kekerasan dan konflik melalui pendekatan keadilan, pendidikan, dan kesejahteraan dengan tetap memperhatikan kearifan lokal setiap bangsa.

5. Berkomitmen untuk terlibat aktif menjadi pelopor dan pelaku dalam mewujudkan dunia yang penuh dengan damai, harmonis, dan cinta.

Deklarasi perdamaian dunia ini dibacakan oleh Wakil Presiden World Assembly of Youth yang juga Ketua Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia Ahmad Doli Kurnia. Ahmad membacakannya di depan gong perdamaian dunia didampingi utusan pemuda dari enam negara yang hadir dalam Forum Pemuda Dunia di Ambon, yaitu Belanda, Rusia, Nigeria, Somalia, Pakistan, dan Timor Leste.

Setelah pembacaan, peserta Forum Pemuda Dunia bersama perwakilan Pemerintah Provinsi Maluku dan Pemerintah Kota Ambon melepas sejumlah burung merpati. Acara pembacaan deklarasi dan pelepasan burung merpati yang dilakukan bersamaan dengan penutupan Festiva l Teluk Ambon tersebut, disaksikan oleh ratusan warga Ambon.

Sumber Lengkap:: http://selebonline.com/wp-content/uploads/2010/11/selebonline.png

Tidak ada komentar:

Posting Komentar